Selasa, 16 Juli 2019

Kehadiran SIPS Project Mantapkan Pelayanan Publik di Pemkot Manado

Walikota GSVL Hadiri Rakor SIPS

RAPAT Koordinasi (Rakor) VII, Support to Indonesia’s Islands of Program for Sulawesi (SIPS) khusus Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (27/8) bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Kota Manado, dihadiri oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).

Walikota GSVL pada kesempatan tersebut memaparkan materi, mengakui dampak dari terlaksananya SIPS dengan kemitraan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado. Disampaikan GSVL, komitmen Pemkot Manado senantiasa akan melanjutkan pelaksanaan Kegiatan yang telah dirintis dan diberdayakan oleh SIPS Project, hal ini dibuktikan dengan telah dibuatnya grand Design Pelayanan Publik yang prima 2016-2020.

SIPS

“Kemitraan pemerintah Kota Manado dengan SIPS yang adalah perpanjangan tugas pengawasan KPK begitu membawa efek positif terhadap pelayanan di Manado. Makin maju dan profesional pelayanan birokrasi di Manado, hal ini saya lihat telah dilakukan Discapilduk, BP2T, dan LPSE Kota Manado, kemudian bagi saya untuk memperkuat pelayanan dan jasa bagi masyarakat, maka perlu dimulai dengan displin yang tinggi,” papar GSVL.

Untuk diketahui, SIPS telah ikut mendorong terwujudnya pergeseran paradigma masyarakat, pengelolaan pemerintah yang berbasis kekuatan pemerintah menjadi pengelolaan berbasis birokrasi yang profesional.

“Sekarang sudah semakin baik, melalui pengelolaan pemerintahan yang baik, SIPS Cida membantu KPK dalam merubah paradigma masyarakat. Pengelolaan pemerintahan yang bersifat transparan itulah yang kita harapkan, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Semua ini bertujuan mengurangi adanya praktek dan peluang korupsi bagi birokrat,” tandas Walikota GS Vicky Lumentut.

Rakor VII dan acara penutupan proyek SIPS di Sulawesi Utara ini dihadiri langusng Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Atnan Pandupraja, Direktur SIPS, Peter F Walton. Terlihat juga, selain Wali Kota Manado, hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, Bupati Sangihe Kepulauan, perwakilan Wali Kota Bitung, Bupati Minahasa, JWS, Wakil Bupati Boltim dan perwakilan Gubernur Sulut.(***)

Sejumlah Pejabat Pemkot Raih Penghargaan dari SIPS

RAPAT Koordinasi (Rakor) VII dan penutupan program dari Support to Indonesia’s Islands of Program for Sulawesi (SIPS) khusus Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan 4 kota yang menjadi pilot project yaitu Manado,Bitung,Sangihe,Mitra, yang digelar di salah satu hotel di Kota Manado, Kamis (27/08). Sejumlah pejabat di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado diantaranya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Ir MHF Sendoh, Inspektorat Kota Manado, Andre Hosang dan Kepala Disdukcapil Kota Manado, Drs,Hans Tinangon, beserta dengan sejumlah pejabat di Pemprov Sulut dan tiga Kabupaten/Kota lainnya menerima Champion Award dari SIPS-KPK.

sips2

SIPS-KPK itu sendiri, merupakan kerjasama antara Pemerintah Canada dan Pemkot Manado melalui KPK untuk menciptakan pelayanan publik yang bersih dari korupsi.

Sekretaris Daerah (Sekda), Ir MHF Sendoh mengatakan, bahwa program KPK bersama CIDA melalui program SIPS yang tujuannya membangun sistem agar peluang terjadinya korupsi bisa dihindari telah usai, namum pemerintah kota Manado akan terus melanjutkannya. menurut sendoh Program SIPS menghasilkan sesuatu yang konstruktif untuk memperbaiki sistem sehingga bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik.

“Kami melihat semangat atau atensi untuk membangun good and clean governance.Dan seperti yang disampaikan oleh Walikota walaupun kegiatan ini sudah berakhir akan disiapkan dana APBD untuk menunjang kegiatan lanjutan seperti prasarana dan fasilitas penunjang yang belum memadahi,pelatihan bagi SDM untuk memenuhi kriteria termasuk SOP,” ujar Sendoh.(***)

 

Program SIPS/KPK Bertujuan Mencegah Korupsi

KERJASAMA antara pemerintah Kanada dan Kota Manado melalui project SIPS/KPK yang sejak tahun 2011 dan berakhir tahun 2015 ini, yang bertujuan untuk mencegah korupsi dalam pelayanan publik dan dalam rangka perbaikan layanan publik serta transparansi.

sips

Nantinya kita akan terus berusaha memperbaiki system pelayanan sesuai kriteria dalam SOP yang ada, seperti waktu pelayanan kita sederhanakan dan berupaya semaksimal mungkin meniadakan pungutan.

Pungutan-pungutan yang terjadi saat ini adalah pungutan yang tidak resmi. Untuk itu pihaknya berharap bagi para aparat agar tidak melakukan tindakan – tindakan yang tidak terpuji seperti mengambil pungutan yang tidak resmi,”tegas Sendoh.(***)

Terima Penghargaan Dari SIPS, Sendoh Mengaku Kaget

SEKRETARIS Daerah (Sekdah) Kota Manado.Ir MHF Sendoh, mengaku kaget saat diberikan penghargaan dari SIPS KPK-CIDA.

Penghargaan itu sendiri diberikan oleh Adnan Pandu Praja, selain Sendoh ada sejumlah pejabat dari Pemkot dan Pemkab di Sulut mendapatkan penghargaan dari SIPS KPK. ”Saya kaget menerima penghargaan dari SIPS KPK-CIDA ,” ujar Sendoh.

sips3

Namun diakuinya, penghargaan yang diterimanya adalah sebagai tantangan dan dorongan untuk lebih melakukan yang terbaik bagi Kota Manado. “Ini adalah satu dorongan dan sebagai upaya untuk terus melakukan perubahan, untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Manado,”ujar Sekda.(aldi/lipsus)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*