Senin, 23 September 2019

Bappeda Manado Mengelar Seminar Penyusunan Sejarah Manado

Bappeda manadoMANADO, (manadoterkini.com) – Bappeda Manado mengelar Seminar Penyusunan Buku Sejarah Kota Manado dan Kajian Kepahlawanan Dotu Mandagi dan Arie Frederik Lasut, bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Walikota,  Kamis (13/8/2015). Kegiatan ini dibuka dengan doa, kemudian diikuti laporan dan pengantar oleh Kepala Bappeda, Peter Assa, PhD dan sambutan oleh Asisten II Setda Kota Manado, Drs. Rum Dj. Usulu.

Dalam kegiatan ini sejarah Kota Manado mulai diuraikan oleh para narasumber dan peserta Seminar, dikatakan bahwa Manado mulai dikenal melalui peta yang dibuat pada tahun 1541, namun baru pada tahun 1633 peta Manado dipatenkan dipeta, dan mulai saat itu juga orang Spanyol dan Portugis menggunakan nama Manado.

Disampaikan juga bahwa sejarah Kota Manado nantinya akan direkonstruksi berdasarkan nama kota, wilayah, pemerintahan, dan juga berdasarkan sumber primer dan sekunder yaitu berupa dokumen dan data – data lainnya.

Sementara itu Wempie Fredrik menyampaikan bahwa Warga Manado ingin sekali ada satu visi tentang sejarah Kota Manado. Beliau juga mengatakan untuk menyusun satu buku sejarah kita membutuhkan pakar sejarah, akademisi dan juga sejarahwan yang berasal dari luar negeri dalam hal ini Belanda. Mantan Walikota Manado ini juga menyampaikan bahwa sejarah Kota Manado yang dihasilkan haruslah dapat diterima oleh semua pihak baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Peserta seminar dan Kajian ini menyambut baik akan kegiatan ini dan mengharapkan agar kegiatan ini dapat dilaksanakan di kampus-kampus agar kawula muda Manado dapat mengenal dan menghargai sejarah Kota Manado dan pahlawan yang berasal dari Kota Manado.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*