Rabu, 16 Oktober 2019

Masterplan RTH Kota Manado Memasuki Tahap Finalisasi

bappedaMANADO, (manadoterkini.com) – PT. Bintang Perkasa Sejati selaku konsultan melakukan pemaparan Laporan Akhir Masterplan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Manado 2015, di hadapan para pelaku kepentingan di Pemerintah Kota Manado baik provinsi, SKPD Kota, maupun Kecamatan.

Kepala Bappeda, Peter Assa, PhD dalam pertemuan ini menyatakan bahwa RTH Kota Manado harus dilaksanakan secepat mungkin karena Warga Kota Manado sangat membutuhkan Ruang Hijau, dan RTH ini sebagai pilar untuk menuju Kota Manado sebagai Green City dan Smart City kedepannya. “Kami berharap pada tahun 2016 nanti RTH akan banyak tersedia di Kota Manado,” ujar Kaban Assa Jumat (7/8/2015) bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Manado.

Sementara itu dalam penyampaian materinya Dr. Veronica Kumurur selaku narasumber PT. Bintang Perkasa Sejati menampilkan contoh rancangan RTH Hutan Kota yang dapat diaplikasikan di area Godbless Park Boulevard, area Lapangan Tikala Manado, pedestrian dan RTH pertokoan dan perkantoran.

Dr. Veronica Kumurur menyampaikan bahwa RTH ini sangat berguna untuk menekan tingkat kejenuhan dan stress warga Kota Manado, sebagai lokasi olahraga, dan sebagai tempat untuk bersantai.

Selain itu Dr. Veronica Kumurur juga menyampaikan Rencana Pengembangan RTH baik publik dan privat di 11 Kecamatan yang ada di Kota Manado, serta analisis kebutuhan RTH berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk, dan kebutuhan oksigen (O2) (Oksigen dari jumlah penduduk dan Oksigen dari jumlah Kendaraaan).

Dalam kegiatan ini masalah pembebasan lahan menjadi topik hangat yang dibahas para peserta. Banyak pihak yang terlihat pesimis, tentang pembebasan lahan untuk RTH ini akan sulit terwujud karena lokasi lahan berada dipusat permukiman dan banyak lahan telah dikuasai oleh masyarakat.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*