Kamis, 19 September 2019

Antisipasi ISPA, Pemkab Minsel Siap Bagikan Masker ke Warga

AMURANG, (manadoterkini.com)-Musim kemarau bukan hanya berdampak pada pemenuhan kebutuhan air bersih, tapi meluas hingga ke hal-hal lain, salah satunya kesehatan. Saat ini penyakit infeksi saluran penafasan akut (ISPA) menjadi ancaman tersendiri akibat musim kemarau.

“Kondisi musim panas berkepanjangan seperti ini, warga mudah terkena ISPA. Makanya kita sudah menyiapkan langkah antisipasi soal ini,” ujar Kabag Humas Pemkab Minsel Frangky Mamangkey SIP kepada manadoterkini.com.

Menurut dia, langkah antisipasi yang disiapkan salah satunya pembagian masker kepada masyarakat. “Selain pengobatan, pembagian masker penting. Sebab dengan begitu bisa mencegah warga tertular,” ujarnya lagi.

Meski begitu, untuk teknis pembagian masker ini sepenuhnya dikoordinasikan Dinas Kesehatan. Sehingga untuk keterangan lebih lanjut, Mamangkey mempersilahkan untuk mengkonfirmasi ke instansi terkait.

Yang pasti, kata dia, Pemkab Minsel sangat concern dengan kondisi saat ini. Penangangan terhadap ISPA terus dicarikan formulasi yang tepat agar tidak terlalu parah menjangkit ke warga. “Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas sudah diinstruksikan melakukan monitoring. Begitu ada kasus, harus cepat diambil tindakan agar tidak berlarut-larut. Tapi selain itu, kewaspadaan masyarakat juga harus dikedepankan agar tidak mudah terserang ISPA,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*