Minggu, 15 Desember 2019

Server e-KTP Bermasalah, Perekaman di Dukcapil Minsel Terhambat

AMURANG, (manadoterkini.com)-Alat perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Minahasa Minahasa Selatan (Minsel) bermasalah. Hal ini mengakibatkan proses perekaman yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat yang belum memiliki e-KTP, Kamis (3/9) siang tadi ikut terhambat.

Bobi Lumi, petugas data base di Dukcapil Pemkab Minsel ketika dikonfirmasi membenarkan adanya masalah terhadap server e-KTP. “Memang ada masalah server di pusat. Kami tidak bisa berbuat apa -apa sambil menunggu situasi normal kembali,” katanya.

Lanjut Dia mengatakan, selain sever pusat yang bermasalah, alat perekam di Dukcapil sedang dalam perbaikan. “Memang sudah ada edaran dari Dirjen terkait masalah server tersebut. Mungkin dalam waktu dekat sudah bisa digunakan kembali. Warga pun sementara diberikan surat keterangan untuk hal-hal mendesak,” katannya.

Sementara itu, Kepala Dukcapil Minsel Corneles Mononimbar saat akan dikonfirmasi manadoterkini.com belum bisa dimintai keterangan wartawan. Pasalnya, saat akan ditemui bersangkutan tidak berada di ruang kerjanya. Begitu juga dihubungi, nomor telepon yang digunakan dalam keadaan tidak aktif. “Bapak lagi keluar karena tugas. Mungkin besok bapak ada di Kantor,” kata salah satu pegawai.

Ditempat terpisah, Helly Paendong, warga Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur mengatakan, dirinya sudah beberapa hari menunggu, bahkan bolak-balik mengecek di Dukcapil Minsel. “Informasi dari petugas ada masalah server hingga tidak bisa mencetak KTP. Padahal, kartu identitas diri tersebut mendadak diperlukan untuk mengurus sesuatu,” kata Paendong.

Hal senada diungkap Sammy Kumayas warga Desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Barat. Menurut Dia, dirinya juga harus menempuh jarak yang jauh hanya untuk dapat mengecek di Kantor Dukcapil. “Saya sudah tiga kali bolak-balik, tetapi belum bisa mendapatkan e-KTP. Begitu juga kakak saya yang ingin melakukan perekaman tetapi tidak bisa karena alatnya bermasalah dan sedang diperbaiki,” keluhnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*