Kamis, 19 September 2019

PNS Belum Punya Rumah Bakal Difasilitasi Pemerintah

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum memiliki rumah. Pasalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku Ketua Harian BAPERTARUM-PNS telah menerbitkan peraturan Menteri nomor 22/PRT/M/2015 dan dan Keputusan Menteri nomor 289/KPTS/M/2015 tentang Fasilitas Bantuan Tabungan Perumahan PNS.

Menurut Asisten II Bidang Perkonomian dan Pembangunan, Ronni S Lumowa, SSos Msi, produk bantuan tabungan perumahan PNS. “Bantuan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BTP-PNS) sebesar Rp.4.000.000. Persyaratan umum yakni PNS aktif golongan I,II,III dan IV. Memiliki masa kerja minimal 5 tahun, belum memiliki rumah, belum memanfaatkan bantuan dari BAPERTARUM-PNS dan bukan PNS di lingkungan TNI/POLRI/Kemhan,”ungkap Lumowa.

Bagi PNS golongasn I-III, selain mendapatkan fasilitas BTP-PNS, juga berhak mendapat Bantuan Uang Muka (BUM). “BTP-PNS hanya dapat dimanfaatkan oleh PNS yang membeli rumah dengan KPR-FLPP,”katanya.

Untuk mekanisme penyaluran PNS mengisi formulir pengajuan, melampirkan fotocopy Karpeg dan SK Kepangkatan terakhir. “Dokumen diajukan ke Bank Pelaksana bersamaan dengan pengajuan KPR, Bank pelaksana memproses pengajuan bantuan BAPERTARUM-PNS dan KPR, Bank pelaksana meminta rekomendasi ke BAPERTARUM-PNS, selanjutnya BAPERTARUM-PNS melakukan verifikasi, Akad KPR di Bank Pelaksana dan realisasi pencairan dana,”pungkasnya.

Untuk informasi selanjutnya. call center di nomor 021-7254040 atau menghubungi Linda Herawati di nomor HP.08179999135 dan Barik Gussaini di nomor HP 081908980614.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*