Minggu, 15 September 2019

Harga “Rica” di Pasar Karombasan Manado Tembus Rp. 80.000/kg

pasar karombasanMANADO, (manadoterkini.com) – Harga Rica (cab,red) di Pasar Karombasan Manado naik tajam. Bila sebelumnya pada pekan lalu dikisaran Rp 40.000 per kilogram, sekarang ini harga rica mencapai Rp. 80.000 per kilogramnya.

Menurut penjual, naiknya harga cabe disebabkan pasokan berkurang selang 1 minggu terakhir ini. “Rica maso dari Gorontalo, menurut dorang (distributor,red) kurangnya pasokan rica karena musim panas, sehingga banyak pohon rica mati,” ujar Bale penjual rica di Pasar Karombasan saat ditemui manadoterkini.com, Rabu (9/9) sekitar Pukul 08.00 Wita.

Hal senada juga diungkapkan Ari Karim penjual rica di Pasar Karombasan. Ia menuturkan dengan naiknya harga rica, pembeli banyak mengeluh dan kebanyakan membeli sesuai dengan kebutuhan. “Banyak pembeli hanya membeli sesuai kebutuhan, dan sering terjadi tawar menawar. Tapi apa boleh buat kami juga tidak mau rugi dan menjualnya sesuai harga pasaran saat ini,” ujar Ari.

Sementara itu salah satu pembeli warga Manado mengungkapkan walaupun harga mahal tetap membeli rica karena merupakan kebutuhan hari-hari. “Iya, membeli rica karena kebutuhan sehari-hari tau jo orang Minahasa nda bisa makan kalau nda ada rica. Selain itu pemakaian dikurangi mengingat pembelanjaan sembako lainnya, dan kami berharap pemerintah bisa memperhatikan kenaikan harga rica ini,” kata Lientje.

Sementara itu pantauan manadoterkini.com di Pasar Karombasan Manado tetap ramai lancar walaupun harga rica melambung tinggi harganya. Untuk harga kebutuhan lainnya masih seperti biasa seperti Tomat Rp. 4000 per kilogramnya. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*