Minggu, 22 September 2019

Pleno 4 PPK Kandaskan Harapan Markus Palantung – Robert Pardede Maju Pilwako Manado

Walikota Manado

Palantung dan Pardede ketika mendaftarkan ke KPUD Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Rekomendasi Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Manado terkait hasil putusan Gugatan Sengketa Pilkada Calon Independen Markus Palantung – Robert Pardede di tindaklanjuti KPUD Manado dengan dilakukannya verifikasi kembali 4 Kecamatan yang mendapat suara null (0) seperti rekomendasi Panwaslu Kota Manado, digelar Kamis (10/9) di setiap PPK.

Keempat Kecamatan yang diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Manado lewat PPS yakni Kecamatan Malalayang, Sario, Paal Dua dan Mapanget.

Dalam pleno yang digelar di PPK 4 Kecamatan ini, sangat mengejutkan pasangan calon Independen ini justru tidak ada satupun warga masyarakat setempat yang mendukung dan di plenokan dengan angka null oleh PPS dan PPK.

“Torang so dari jam 8 pagi ba kumpul untuk verifikasi di Kantor Kelurahan, hasilnya tidak ada satupun pendukung datang. Bahkan kami mendatangi beberapa pemberi dukungan sesuai identitas tapi mereka tidak mengetahui dukungan tersebut. Karena memang tidak memberikan dukungan,” ujar Ketua PPS Kelurahan Titiwungen Selatan di Sekretariat PPK Kecamatan Sario.

Dalam pleno yang digelar di Kantor Camat Sario tersebut, pasangan Markus Palantung – Robert Pardede tidak ada dukungan suara.

Sementara itu di sekretariat PPK Malalayang tampak ketua-ketua PPS membacakan hasil verifikasi di tingkat PPS, dan pasangan calon ini tidak mendapatkan suara. Bahkanpun LO penghubung tidak hadir dalam pleno Kecamatan yang dipantau langsung oleh Panwascam Malalayang Danny Bunga, SH dan Rivan Kalalo.

Ketua PPK Kecamatan Malalayang Frangky Paendong mengatakan pihaknya melakukan pleno di PPS dan PPK dan telah memberitahukannya kepada LO. “Saat akan dimulai Pleno Kecamatan sekitar pukul 17.00 wita, LO tidak datang tapi prosesnya tetap kami lanjutkan,” ujar Paendong.

Sementara itu hasil pleno di 4 Kecamatan yang direkomendasikan Panwaslu Kota Manado sesuai data yang diterima manadoterkini.com, semua kecamatan ini tidak ada satu dukungan pun untuk pasangan bakal calon independen ini.

Dengan hasil ini, akhirnya terbukti pernyataan Ketua Panwaslu Kota Manado Sjane Walangarei, SS, M.Hum bahwa dalam pengawasan yang dilaksanakan PPL, Panwascam dan Panwaslu Kota Manado pada waktu lalu sudah sesuai dengan hasil pleno. “Di empat kecamatan ini memang tidak ada suara dan data tersebut sesuai dengan data yang dipegang,” ujar Walangare waktu lalu.

Seperti diketahui pada sidang sengketa musyawarah paslon Independen waktu lalu, Panwaslu Manado mengabulkan sebagian gugatan Markus Palantung – Robert Pardede yakni melakukan verifikasi kembali 4 kecamatan yang mendapatkan suara null (0) yakni Kecamatan Malalayang, Sario, Paal Dua dan Mapanget. Suara yang harus dicapai oleh paslon ini di 4 kecamatan sehingga lolos bertarung di Pilwako Manado yakni 2.703 dukungan. Dengan hasil pleno hari ini di 4 Kecamatan dengan angka null, maka dapat dipastikan Pasangan ini gagal menjadi peserta Pilwako 9 Desember 2015 mendatang. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*