Kamis, 5 Desember 2019

Poktan se-Manado Sampaikan Keluhan Kepada Harley Mangindaan

MANADO, (manadoterkini.com) -Kelompok Tani (Poktan) se-Kota Manado menggelar pertemuan dengan Harley Mangindaan yang didampingi istri Seyla Kudati di perkebunan pisang goroho Poktan Mekal Unit Usaha Binaan KSU Sinar Abadi, Paniki Kamis (10/9).

Sharing bedah kebutuhan petani pun diangkat, mulai masalah bibit, pupuk, jaminan harga stabil saat panen raya, bantuan pemerintah soal suntikan dana untuk Poktan, serta mana antisipasi pemerintah pada musim kemarau, hingga soal pasar tani yang sudah menghilang. Dihadiri Ketua dan Sekretaris serta anggot, mereka tampak begitu berharap pada sosok Mangindaan bisa menjawab keluh kesah poktan Bougenvile Kelurahan Mapanget Barat, poktan Bangun Bersama Kelurahan Bengkol kecamatan Mapanget, poktan Mekar kelurahan Lapangan, poktan Suka Maju dan Masawasawangan dari Kelurahan Buha serta dihadiri Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Manado.

Pertanyaan dan keluhan dijawab Mangindaan dengan jelas hingga para Poktan merasa puas. “Aspirasi poktan mewakili seluruh petani di Manado, tujuannya agar ekonomi para petani bisa meningkat. Untuk program harus diawali dengan perencasnaan yang baik seperti, konsep pengembangan kedepan ada pembagian zona atau wilayah produksi hasil pertanian. Hal ini akan permudah penyaluran suntikan bantuan ke poktan seperti kredit atau bibit dan bantuan lainya,” ungkap Mangindaan dan langsung diterima para Poktan.

Masih sebagai Wakil Walikota Manado, Mangindaan memastikan akan mengecek anggaran APBD-Perubahan untuk penanggulangan musim kemarau.

“Bantuan pompa air atau pembuatan sumber bor bisa menjadi solusi bagi petani agar tidak rugi ketika panen. Dengan membuka peluang investor pertanian masuk ke kota Manado, tentunya hasil panen bisa dibeli langsung dan akan menjadi jaminan harga stabil ketika panen raya. Semua upaya akan dilakukan dengan tujuan warga masyarakat kota Manado bisa merasakan peningkatan kesejahteraan termasuk petani,” tegas Mangindaan.

Disatu sisi Harley Mangindaan calon Walikota Manado 2015-2020 ini berharap Poktan Manado bisa berikan informasi apa yang baik dan yang kritis demi perubahan baik kedepan.

“Pertemuan ini fondasi kedepan, Saya pastikan tidak akan lari dari tanggungjawab karena saya siap dikritisi. Tujuan saya bersih dan berwibawa. Dan saya ajak, poktan di Manado cari wawasan informasi sebanyak-banyaknya terhadap semua kandidat, mana yang terbaik. Saya dorong ajak semua kandidat datang agar poktan juga bisa tahu apa misi dan visi mereka untuk petani, nelayan dalam kepentingan mensejahterakan warga kota manado,” pesan Mangindaan.

Ditambahkan Mangindaan, poktan akan menunjang konsep one product one village. “Artinya, satu kelurahan satu produk di jual secara konvensional atau melalui website resmi Pemkot dan terpercaya,” terang lelaki enerjik ini.

Salah satu Ketua Poktan Wentriks Rumambi mengaku sosok Mangindaan begitu terbuka. “Mengajak secara terbuka poktan dan masyarakat mencari informasi visi dan misi keberpihakan kandidat terhadap kesejahteraan, sikap yang langkah dan jentle. Sosok yang berani dan tegas seperti ini yang pasti masyarakat sukai,” ungkap Rumambi. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*