Kamis, 19 September 2019

Tingkatkan Kinerja, Satker Dengan Penyerapan Anggaran Terbaik Akan Dapat Laptop

SULUT, (manadoterkini.com) – Dalam rangka mewujudkan terbentuknya e-government sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 Tanggal 9 Juni 2003, pemerintah melaksanakan sebuah proyek penyempurnaan manajemen keuangan dan administrasi penerimaan pemerintah.

Sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) merupakan sub-program dari program reformasi keuangan publik terbesar dalam hal modernisasi penganggaran dan perbendaharaan.Perubahan sistem akuntansi dari basis Cash Towards Accrual ke Basis Accrual mengakibatkan perubahan pada pengelolaan keuangan di instansi pemerintah secara keseluruhan.

Dia mengatakan, untuk satker yang mencapai penyerapan anggaran tertinggi, maka diakhir tahun akan mendapatkan laptop dan printer. “Karena itu saya meminta perhatian dan komitmen seluruh satker Kemenag Sulut meningkatkan peran aktif pada proses pengelolaan APBN,” tukas Kakanwil Kemenag Sulut, Drs H Suleman MPd di rapat evaluasi realisasi anggaran tahun 2015, Jumat (11/9) kemarin.

Menurut Suleman, Kemenag Sulut memperoleh rangking 5 dalam penyerapan anggaran se Indonesia. Capaiannya 28%, sementara ranking satu penyerapan anggaran semester I pun baru 30%.

Dia mengatakan, untuk satker yang mencapai penyerapan anggaran tertinggi, maka diakhir tahun akan mendapatkan laptop dan printer.

Kasubag Perencanaan dan Keuangan, Dra Hj Pastita Kartiman MSi mengiyakan saat dikonfirmasi. “Hal ini dimaksudkan agar satker termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi,” tutur Kartiman.

Laporan keuangan adalah salah satu wujud transparansi dan akuntabilitas Kemenag disetiap pelaksanaan anggaran. Dia menghimbau ke-65 kepala satker yang hadir di Aula Kanwil Kemenag, memberikan perhatian lebih atas penyusunan laporan keuangan dan laporan barang milik negara. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*