Selasa, 10 Desember 2019

Suleman Awad: Semua Agama Mengajarkan Kebajikan dan Toleransi

SULUT, (manadoterkini.com) — Bertempat dilantai enam Hotel Aryaduta Manado Bimas Islam Kanwil Kemenag Sulut dibawah Pimpinan Kepala Bidang Aswin Kyai Demak, S.Ag., M.Pd.I menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Baznas, Temu Konsultasi Perwakafan dan Orientasi Peningkatan Mutu BTM tahun 2015.

Acara yang dihadiri lebih dari 100 orang peserta utusan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara tersebut resmi dibuka Kakanwil Kemenag Sulut Drs. H. Suleman Awad, M.Pd.

Dalam arahannya Kakanwil Kemenag Sulut Drs. H. Suleman Awad, M.Pd menguraikan lima tugas pokok Kementerian Agama meliputi, Meningkatkan Kualitas Kehidupan Beragama, Kualitas Kerukunan Umat Beragama, Kualitas Pendidikan Agama dan Keagamaan, Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Bersih dan Berwibawa.

Lima tugas tersebut harus dilaksanakan dengan cara memberikan pelayanan kepada umat beragama termasuk hak-hak mereka dalam memeluk dan beribadah menurut agama dan cara masing-masing.

“Kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk memeluk Agama tertentu, karena itu telah dijamin oleh negara melalui undang-undang dasar,” terang Suleman.

Menurutnya tugas kita adalah bagaimana kita memberikan pembinaan agar umat taat dalam beragama serta menjaga kedamaian walau berbeda keyakinan. Setiap agama mengajarkan nilai-nilai positif, tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk saling membenci satu dengan yang lain, semua agama mengajarkan nilai kebajikan. “Tapi harus diingat, jika ada yang mengatakan bahwa semua agama adalah sama, itu pasti keliru,” tutupnya. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*