Minggu, 22 September 2019

Menteri Agraria, Tataruang dan Pertanahan RI Serahkan Sertifikat Tanah Secara Simbolis di Woloan

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Menteri Agraria dan Tataruang, Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan didampingi Sekretaris Jendral Agraria Pertanahan Nasional Herry Susanto, Dirjen Pengadaan Tanah RI Prof. Budi Mulyanto, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulut Monsel Hutagal, SH,MH, Kepala Kantor BPN Kota Tomohon Ir Lyndarian Jahya, Sabtu (12/9) di kompleks industri rumah panggung Woloan Kecamatan Tomohon Barat menyerahkan sertifikat hak atas tanah pada program strategis tahun 2015.

Miky Wenur

Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan

Penyerahan simbolis sertifikat hak atas tanah ini Ferry Mursyidan Baldan menyerahkan kepada 15 (lima belas) perwakilan yang ada diseluruh perwakilan kabupaten dan kota Sulawesi Utara, dengan rincian yang telah diserahkan sampai bulan agustus 2015 berjumlah 2.927 sertifikat yang didalamnya khusus kota Tomohon berjumlah 1.000 sertifikat dari total keseluruhan yang serahkan hari ini 4.665 sertifikat yakni Program nasional (PRONA) berjumlah 4.303 sertifikat, MBR 55, Pertanian 81, RETOL 225, dan BMN 1 Sertifikat. “Sebidang Tanah bukan hanya memiliki arti sebagai sebuah ruang bergerak tetapi menyangkut eksistensi,” tegasnya.

Sebagai contoh masyarakat kota Tomohon yang jumlahnya tergolong tidak padat juga sedikit, agar warganya dibatasi dalam hal kepemilikan ruang tanah, artinya jangan ada warga yang dari luar daerah membeli tanah guna memperluas kepemilikan hak tersebut.

Miky Wenur

Disampaikan pula Mursydan Baldan mengusulkan kepada pemerintah kota untuk bersama DPRD Agar dapat mengkaji perda tata ruang sebagai contoh daerah yang telah memberlakukan Perda hak atas tanah daerah Bali.

Hal ini untuk melindungi hak dan ruang hidup masyarakat agar jangan ada konflik yang terjadi . Hak untuk memiliki tanah diperbolehkan tetapi dibatasi disisi pengadbn untuk kepentingan publik seperti pendidikan dan hal ini harus di prioritaskan. Jelas Baldan

Sementara Sekretaris Kota DR. Arnold Poli, SH,MAP mewakili Walikota menyampaikan apresiasi atas kunjungan ke Kota Tomohon kementrian Agraria dan Tataruang Mursydan F. Baldan. ”Harapan kegiatan penyerahan sertifikat hak atas tanah ini dapat mengelola dan memanfaatkan sesuai peruntukannya lewat program Nasional ini,” ungkap Poli

Hadir pejabat eselon ll kementrian araria dan tata ruang badan pertanahan nasional, asisten pemerintahan dan kesra provinsi sulawesi utara Drs. John H. Palandung, Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Juanita M. Wenur dan jajaran pemkot Tomohon. (efd)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*