Kamis, 5 Desember 2019

Indomaret Tebang Pohon Sembarangan Tanpa Rekomendasi BLH dan Dinas Kebersihan Kota Manado

batang pohon yang ditebang

Pohon yang ditebang

MANADO, (manadoterkini.com) – Perusahaan retail yang sementara berkembang di Sulawesi Utara dan Manado pada khususnya, diduga menebang pohon tanpa ijin dari instansi terkait seperti Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado. Penebangan pohon tersebut berlokasi didepan Indomaret Kelurahan Ranotana lingkungan 2 tepatnya di Jalan Sam Ratulangi, Kecamatan Sario tepatnya didekat Patung Sam Ratulangi Manado.

Pantauan manadoterkini.com Selasa (15/9) didepan Indomaret tersebut, masih nampak batang pohon besar yang sudah ditebang dan sebuah pohon kecil yang ditebang hanya rantingnya. Informasi dari warga setempat Pohon yang besar berusia puluhan tahun.

Saat dikonfirmasi kepada pemerintah Kelurahan Ranotana, Lurah Matheos Rimbing tidak berada ditempat dan saat dikonfirmasi lewat telepon selular tidak diangkat. Salah Satu Staf Kelurahan mengatakan mereka tidak tahu soal penebangan pohon tersebut oleh Indomaret. “Memang ada laporan penebangan tersebut, pihak kelurahan telah mengirim surat kepada Indomaret, untuk datang memberikan penjelasan terkait penebangan pohon tersebut,” ujar salah satu staf Kelurahan.

Pihak Indomaret saat dihubungi pihak kelurahan mengatakan mereka juga baru mengetahui penebangan pohon didepan tempat kerjanya, dan tidak tahu siapa yang menebangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado Drs. Heri Saptono saat dihubungi manadoterkini.com diruang kerjanya mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan rekomendasi perihal penebangan pohon tersebut. “Saya tidak mengeluarkan rekomendasi untuk penebangan pohon tersebut. Biasanya rekomendasi kami keluarkan dan berikan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan sebagai pelaksana penebangan pohon,” terang Saptono.

Menurut Saptono saat ini ada banyak masyarakat meminta BLH untuk mengeluarkan rekomendasi penebangan pohon, tapi tidak diberikannya. “Sesuai Perwako tidak sembarangan, malahan kami memprogamkan menanam pohon bukan menebang. Apalagi sekarang ini musim panas, harus ada peneduh,” ungkap Saptono.

Sementara itu saat dihubungi lewat Telepon selular, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers mengatakan Ia tidak tahu soal penebangan pohon tersebut. “Saya tidak tahu, kami sementara berkordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado,” ungkapnya singkat. (chris)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*