Minggu, 22 September 2019

Bimas Islam Selenggarakan Bimbingan Zakat di Bolmut

BOROKO, (manadoterkini.com) – Zakat merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setiap umat Islam, sebagai bentuk pensucian diri dan upaya membantu sesama yang diatur dalam Al-Qur’an.

Untuk itu, dalam rangka memberikan pemahaman komprehensif kepada umat Islam tentang pentingnya zakat, serta regulasi pengelolaan zakat, maka Bimas Islam Kemenag Kab. Bolmut menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Zakat.

Mengambil tempat di Aula Pertemuan Hotel Metro Boroko, kegiatan ini mengundang perwakilan UPZ dan unsur-unsur terkait dari seluruh Kecamatan se Kab. Bolmut. Hadir sebagai narasumber sekaligus pengarah kegiatan, Hi. Sulaeman Ambah, S.Ag. membuka langsung kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Ambah menekankan pentingnya pengelolaan dan pemberdayaan Zakat, sehingga pemerataan Zakat dapat dirasakan oleh yang berhak menerima. “Zakat, harus dikelola dengan baik, agar semua yang berhak menerima dapat menikmati secara merata,” tegasnya.

Terkait Fiqih Zakat yang masih belum familiar bagi sebagian UPZ, juga menjadi topik menarik dalam kegiatan bimbingan zakat kali ini. Salah seorang narasumber, Hi. Sofyan Madiu, M.Th.I mengupas tuntas sejumlah persoalan fiqih zakat di tingkat praktikal.

Di akhir materi, Mustari Masloman, S.Ag. selaku narasumber kedua menekankan pelaporan zakat yang masih belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah, dalam hal ini BAZNAS, sehingga terkadang terjadi keterlambatan laporan baik itu di tingkat Daerah juga Provinsi. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*