Selasa, 17 September 2019

Rakor Rorum Lalulintas, Kurangnya Kesadaran Warga Penyebab Kemacetan di Kota Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Kapolda Sulut, Brigjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH, mengungkapkan beberapa penyebab kemacetan di Kota Manado saat ini. Dimana meningkatnya volume kendaraan, aktivitas masyarakat yang padat, kurangnya kesadaran masyarakat, dan kondisi di Kota Manado.

Rakor Forum lalu Lintas di Polda Sulut

“Guna mengatasi permasalahan lalu lintas, perlu adanya peranserta dan sinergitas dari stakeholders dan masyarakat untuk menciptakan keamanan, keselamatan kelancaran dan ketertiban lalu lintas (kamseltibcarlantas) dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada,” kata Kapolda saat membuka Rapat Koordinasi (rakor) Forum Lalu Lintas, Rabu (16/09), di ruang Tribrata Mapolda Sulut.

Rakor dilaksanakan sebagai suatu gerakan kemanusiaan, dalam rangka mengajak seluruh stakeholders pemangku kepentingan dibidang lalu lintas serta komunitas dan masyarakat untuk meminimalisir kemacetan di Kota Manado dan menekan angka kecelakaan, sesuai dengan perannya masing-masing.

Rakor Forum Lalu lintas di Polda Sulut

Dalam rencana jangka pendek, Kapolda Sulut menginstruksikan dua hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kemacetan. Pertama, penambahan jumlah personel di lapangan, tidak hanya Polantas melainkan juga akan dibantu oleh personel Sabhara. Kedua, penertiban parkir kendaraan yang bukan pada tempat semestinya, termasuk penindakan hukum bagi para pelanggar rambu-rambu lalu lintas.

Solusi ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Kota Manado. Rakor selanjutnya akan diadakan sekali dalam seminggu, sebagai sarana untuk menganalisa dan mengevaluasi perkembangan di lapangan, serta mencari solusi lainnya dalam menangani kemacetan di Kota Tinutuan. Mari Jo, Torang Tertib Berlalu lintas.

Rakor dihadiri oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, beserta instansi terkait diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Tata Kota, Sat Pol PP, Organda, Jasa Raharja, para Pejabat Utama Polda Sulut, Kapolresta Manado beserta seluruh personel Satlantas dan Wartawan.(jef)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*