Selasa, 17 September 2019

Akibat Kemarau, Belasan Kecamatan di Minsel Krisis Air Bersih

AMURANG, (manadoterkini.com)-Akibat musim kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir ini. Dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), ada 14 Kecamatan saat ini krisis air bersih. Sementara jaringan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minsel sudah hampir 3 bulan ini tidak mengalir ke rumah-rumah pelanggan.

Menurut Niva Wowor salah satu warga Kelurahan Lewet Kecamatan Amurang mengatakan, debet air berkurang drastis beberapa bulan terakhir ini. Hal ini membuat mereka harus mencari sumber air bersih di mata air sekitar pemukiman. “Bahkan ada yang harus menggunakan kendaraan untuk menampung air,” kata Wowor.

Hal senada diungkap Jonly Tumuyu warga Kelurahan Bitung Amurang, Dia mengatakan bahwa, hampir semua sumur di kelurahannya sudah mengalami kekeringan. Beruntung ada satu sumur yang masih bisa dimanfaatkan warga untuk mendapatkan air bersih. “Hampir semua sumur di Kelurahan Bitung sudah kering,” katanya.

Selain di Amurang, di Kecamatan Motoling Raya juga mengalami krisis air bersih. Warga Desa Keroit Kecamatan Motoling Barat terpaksa harus mengambil air di kampung tetangga yang jaraknya sekitar 8 kilo meter. “Sumur sudah kering, jadi kami harus menimba air di kampung sebelah,” ujar Jolly Sayow tokoh masyarakat Desa Keroit. Sayow meminta agar pemerintah bisa membantu untuk menyuplai air bersih masuk ke desa-desa yang mengalami kekeringan.(dav)

Inilah Desa dan kelurahan yang Kesulitan Air Bersih di Wilayah Kabupaten Minsel.

1. Kecamatan Amurang : Kelurahan Lewet – Kelurahan Bitung – Kelurahan Buyungon – Kelurahan Ranoyapo – Kelurahan Uwuran Dua.

2. Kecamatan Amurang Barat.

3. Kecamatan Amurang Timur.

4. Kecamatan Tumpaan.

5. Kecamatan Tatapaan.

6. Kecamatan Tareran.

7. Kecamatan Suluun Tareran.

8. Kecamatan Motoling Timur.

9. Kecamatan Motoling Barat : Desa Keroit dan Desa Toyopon.

10. Kecamatan Motoling.

11. Kecamatan Motoling Timur : Desa Karimbow dan Desa Tokin.

12. Kecamatan Tenga.

13. Kecamatan Sinonsayang.

14. Kecamatan Tompasobaru.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*