Selasa, 17 September 2019

Bupati James Sumendap Canangkan Program Tanam Seribu Desa Mandiri Benih

mitra RATAHAN, (manadoterkini.com) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra),mencanangkan penanaman perdana program seribu desa mandiri benih, yang dilaksanakan di Persawahan Mbuhuk, Tosuraya.

Bupati Mitra James Sumendap SH, yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Stanley Pasulatan mengatakan kegiatan ini guna mendukung dan tercapainya swasembada padi, jagung dan kedelai, antara lain penyediaan alat dan mesin pertanian serta melihat potensi luas wilayah dan tingkat kesuburan tanah.

“Hal ini menjadi kewajiban pemerintah untuk mencukupi kebutuhan pangan hasil produksi dalam Negeri, dengan target swasembada berkelanjutan ini dalam waktu tiga tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut Pasulatan menyampaikan, dalam rangka mendongkrak hasil pertanian maka pemerintah memberikan bantuan alat dan mesin pertanian dan diharapkan akan memberikan keuntungan dari pemanfaatan alat dan mesin tersebut, sehingga kedepan dapat mendongkrak hasil pertanian.

“Begitupun dengan adanya bantuan lain dalam rangka mendukung upaya khusus pencapaian swasembada pangan berupa pengembangan jaringan irigasi tersier, optimalisasi lahan padi sawah, serta gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi sawah, jagung dan kedelai, dengan harapan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam rangka upaya khusus termasuk peningkatan kesejahteraan Petani,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian dan peternakan Ir. Elly Sangian, ME menambahkan kegiatan ini merupakan kerjasama Pemkab Mitra dengan KODIM 1302 Minahasa dalam rangka upaya khusus swasembada pangan.

“Upaya khusus ini telah ditandatangani MOU antara pemerintah RI dan TNI AD yang akan bersinergi dalam upaya khusus pencapaian swasembada pangan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, diadakan peletakan batu pertama pembangunan gudang benih, penyerahan bantuan 2 unit tracktor roda empat kepada Kelompok Tani Sejahtera Desa Rasi, dan Kelompok Tani Mukakaringan Desa Tolombukan, serta dilaksanakan temu tani se-kecamatan Ratahan. Hadir pada kesempatan itu ketua DPRD Drs. Tavif Watuseke, KASDIM KODIM 1302 Minahasa Mayor INF. I Ketut Sudana, serta para Pejabat Pemkab Mitra. (ons)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*