Selasa, 10 Desember 2019

Saroinsong : Humas Ujung Tombak Pengelolaan Informasi

SULUT, (manadoterkini.com) – Kabag Humas Pemprov Sulut, Roy RL Saroinsong SH, menuturkan tujuan pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan antar Kabupaten Kota, instansi vertikal dan TNI Polri yang diselenggarakan Jumat (18/9) untuk meningkatkan penyampaian informasi secara optimal dan transparan. “Peningkatan profesionalisme Humas sebagai ujung tombak pengelolaan informasi, juga tak kalah penting adalah dalam rangka penguatan struktur dan infrastruktur sistem dan prosedur komunikasi organisasi, audit komunikasi serta tata kelola kehumasan yang optimal,”urai Saroinsong.

Rakor Humas

Staf Ahli Bidang SDM Pemprov Sulut Steven Liow

Rakor ini juga oleh para peserta dirasakan banyak memberi manfaat dalam menjalin tali silaturahmi antar sesama Aparat Kehumasan, juga menjadi wahana dan sarana berbagi akan dinamika tugas kehumasan, maupun problematika seputar hubungan kemitraan dengan Mass Media maupun sisi harmonisasi komunikasi dengan dunia jurnalis. “Pranata Humas dan aparat Kehumasan yang ada di Kabupaten/Kota, semakin maju dalam melaksanakan penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan pemerintah kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Ir Siswa R Mokodongan melalui Staf Ahli Gubernur Bidang SDM dan Kemasyaraktan, Steven Evans Liow, S.sos, MM, menuturkan peran humas di daerah semakin penting karena telah membuka ruang publik untuk mendapatkan akses informasi bagi masyarakat. “Peran humas sebagai komunikator, fasilitator dan desiminator telah berjalan sesuai aturan yang berlaku,”ungkap Liow yang juga mantan Kabag Humas itu.

foto bersama

Disamping itu juga peran humas dengan media juga dapat terselenggara dengan baik, kredibilitas humas semakin mengemuka, memiliki akselarasi kecepatan dalam bekerja khususnya dalam menyampaikan informasi kepada media, ini dibuktikan dengan semakin banyak pemberitaan terkait kegiatan pemerintah yang dipublikasikan dimedia.

Dengan adanya Rakor ini memberikan respon positif guna peningkatan profesionalisme dan pembangunan kapasitas aparatur dibidang kehumasan, terlebih khusus dalam meningkatkan sinergitas bersama. Dalam rakor tersebut juga para peserta mendapat pemahaman terkait Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik.

Rapat Koordinasi Kehumasan ini turut dibekali materi dan sesi tanya jawab oleh para nara sumber, diantaranya Pejabat Pemprov Sulut, Kabid Humas Polda Sulut, AKBP (Pol) Wilson Damanik, Praktisi Jurnalis, Cesylia Saroinsong.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Humas Polda Sulut, Kapen rem Korem 131 Santiago, Kadispen Lantamal VIII, Humas Pangkalan Lanud SRI, Humas Kajati Sulut Para Kabag humas Kabupaten kota se Sulut.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*