Sabtu, 16 November 2019

Jelang Pilkada, Polres Minsel Gelar Simulasi Pengamanan Demo Pilkada

AMURANG, (manadoterkini.com)-Dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang akan berlangsung tanggal 9 Desember 2015 mendatang, Polres Minsel gelar simulasi Demo Pilkada.

Simulasi Demo Pilkada ini dilaksanakan di halaman Polres Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang pada Jumat (18/9) kemarin, dalam kegiatan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minsel tahun 2015.

Simulasi Polres Minsel

Simulasi penanganan Pilkada Polres Minsel

Ratusan warga yang berdemo itu, terdiri dari bapak- bapak, ibu – ibu, serta kawula muda. awalnya para pendemo datang berunjuk rasa sekitar 50 orang dan kantor KPUD Minsel hanya dikawal pengamanan dari Polsek Rural Amurang, tiba-tiba masa semakin membesar sekitar 500 orang.

Demo massa sudah tidak bisa di bendung lagi karena anarkis, lalu masa itu melemparkan, aqua, gelas, kayu dan lainnya, kemudian masa saat itu juga melakukan pembakaran ban. Kemudian datang bantuan dari pasukan penyerai masa satu pleton Brimob Polda Sulut yang dilengkapi tameng dan alat pemukul dibantu dengan Water Canon yang sudah di siagakan dengan menembakkan air dari water cabon kearah massa, pasukan pengamana dari Polres dan Polda terus maju pukul, sehingga massa berhasil di pukul mundur dan massa membubarkan diri karena hilang keparcayaan dalam melakukan demo, dan suasana kantor KPUD Minsel pun aman dan kondusif.

Polrs Minsel

Simulasi Polres Minsel

Aksi simulasi tersebut seperti demo sungguhan, namun ini menunjukkan kesiapan Polres Minsel dalam menghadapi Pilkada Tahun 2015 mendatang.

Kapolres Rohul AKBP Benny Bawensel SIK MH menjelaskan, kegiatan itu hanya simulasi untuk menghadapi pelaksanaan pilkada, pengamanan seperti itu baru kita laksanakan bila sangat dibutuhkan, namun kita bertekat ingin menjadikan Pilkada Minsrl bisa berlangsung tertib. “Semoga dalam pengaman Pilkada Minsel nanti baik mulai tahapan kampanye berjalan lancar, ini hanya simulasi dan latihan pengamanan saja,”jelas.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*