Minggu, 15 September 2019

JOS – Asli Minta KPUD Minsel Harus Bijak Terima Putusan Panwaslu

AMURANG, (manadoterkini.com) – Setelah Keputusan KPUD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dibatalkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Minsel dan menyatakan pasangan Johny RM Sumual SE SH MSi dan Anne S Langi (JOS – Asli) sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, Tim pemenangan JOS – Asli langsung bergerak cepat dengan meminta kepada KPUD untuk segera melaksanakan putusan yang dikeluarkan. “Kami minta KPUD untuk segera melaksanakan putusan ini, walaupun bahwa putusan tidak hanya pada paslon JOS – Asli, namun juga pada pihak Termohon,” ungkap JOS dan Asli usai mengikuti sidang musyawarah sengketa Pilkada di Kantor Panwaslu Minsel Sabtu (19/9) sore kemarin.

JOS menjelaskan, ada beberapa putusan yang sudah dikeluarkan Panwaslu diantaranya menerima sebagian tuntutan pemohon, kemudian secara tegas Panwas menyatakan membatalkan SK pleno pada penetapan yang telah dikeluarkan KPUD, dan melakukan kembali pleno untuk menyatakan secara sah pasangan JOS -Asli memenuhi syarat, menetapkan JOS – Asli sebagai peserta pemilu, serta memerintahkan KPUD melaksanakan keputusan ini sebagaimana putusan Panwas final dan mengikat. “Dengan sejumlah putusan itu sehingga tidak ada upaya lain dilakukan, melainkan kami meminta KPUD melaksanakan amar putusan ini,” tegasnya.

Sehubungan dengan nomor calon, JOS mengaku tidak keberatan jika mendapatkan nomor 3, karena mereka menyadari dari 2 pasangan calon lain sudah mendapatkan nomor, yang terpenting bagi mereka JOS – Asli ikut serta sebagai peserta di Pemilihan Bupati tahun 2015 ini. “Kami ketinggalan dua tahap, pertama pencabutan nomor dan kampanye damai. Kami meminta hak pada KPUD untuk sama dengan Paslon sebelumnya. Saya kira tidak masalah untuk nomor, sebab aturannya jelas dari tidak disebutkan amar putusan. Karena Paslon bersengketa, maka dengan sendirinya mengambil nomor selanjutnya, karena 2 pasangan lain sudah, maka secara otomatis mendapatkan nomor urut 3. Kami tidak masalah nomor apapun, yang penting kami diikutkan sebagai peserta,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*