Minggu, 22 September 2019

Sertijab Gubernur Sulut di Kemendagri, SHS Urai Berbagai Kebersilan

JAKARTA, (manadoterkini.com) – Berbagai kebersilan yang telah dicapai selama satu dasawarsa memimpin Sulawesi Utara, dibeberkan SH Sarundajang saat memberikan pesan dan kesan diakhir jabatannya bersama Djouhari Kansil. Dimana yang paling utama adalah pertumbuhan ekonomi.

Soni Sumarsono

Pejabat Gubernur Sulut diapit SHS-DJK

“Bidang ekonomi kita pernah maraih pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, namun karena perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia saat ini, pertumbuhan ekonomi sulut ikut terimbas menjadi 6,5 persen,”ujar SHS sapaan akrab Sarundajang.

Bagitu juga untuk penanganan buta aksara, Sulut menempati peringkat pertama terbaik nasional. “Jumlah buta aksara di Sulut sebesar 0,47 persen, sedangkan IPM peringkat ke tiga nasional dibawah DKI Jakarta dan Jogya,”tutur Sarundajang.

Sedangkan dibidang ketenagakerjaan SHS berhasil menekan angka pengangguran di Sulut. Dimana pada tahun 2011 berkisar pada angka 9,19 persen, dan turun menjadi 6,68 persen di tahun 2013.

Soni Sumarsono

Foto bersama Mendagri, Pejabat Gubernur serta mantan Gubernur dan Wakil Gubernur bersama istri masing-masing.

SHS menyebutkan, saat ini sedang dilaksanakan tiga mega proyek jalan tol Manado-Bitung sebagai urat nadi dalam meningkatkan perekonomian dibidang eksport import, selain transportasi kawasan industri KEK Bitung dan perluasan pelabuhan Bitung untuk menjadi pelabuhan internasional.

“Sejumlah keberhasilan tersebut tentunya tidak lepas dari adanya dukungan dan peran serta dari berbagai elemen masyarakat di daerah Nyiur Melambai,”terang SHS sembari menambahkan dirinya akan bersedia membantu baik diminta maupun tidak agar Penjabatan Gubernur Sulut dalam mengawal tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. “Utamanya dalam rangka menyukseskan Pilkada Serentak bisa berlangsung sukses, “kunci SHS.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*