Senin, 16 September 2019

Bupati Minahasa Hadiri Pelantikan Pejabat Gubernur Sulut

JWS menyalami Pejabat GubernurJAKARTA, (manadoterkini.com) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Wakil Bupati Ivan SH Sarundajang serta Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Senin (21/9) kemarin menghadiri pelantikan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara, Dr Sonny Sumarsono MDM oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta.

Dr Sonny Sumarsono yang sehari-hari menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini dilantik oleh Mendagri berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 99/P Tahun 2015 tanggal 16 September 2015, menggantikan Dr Sinyo Harry Sarundajang dan Dr Djouhari Kansil MPd sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut periode 2010-2015 yang telah selesai masa baktinya.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan terima kasih kepada Dr SH Sarundajang dan Dr Djouhari Kansil MPd atas pengabdian dan jasa-jasanya selama ini.

kabag humasDikatakan Mendagri ada 2 (dua) tugas pokok yang harus dijalankan oleh Penjabat Gubernur ke depan, yaitu mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut yang definitif.

“Dalam mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah, Pj Gubernur harus membangun komunikasi yang intensif dengan DPRD dan pimpinan SKPD agar pelaksanaan program pemerintah dapat diwujudkan untuk kesejahteraan rakyat. Sedangkan untuk menyukseskan Pilkada serentak, agar segera membangun komunikasi dan koordinasi yang sinergis dengan DPRD, Forkopimda, KPU, Bawaslu serta Bupati dan Walikota se-Sulut,” ungkap Mendagri.

Mendagri mengharapkan agar Pj Gubernur melaksanakan tugasnya dengan berpedoman pada ” Nawa Cita atau Sembilan Agenda Strategis Pemerintah Kabinet Kerja ” yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Mendagri menegaskan bahwa Pj Gubernur bukanlah pejabat politik, sehingga harus mampu mengawal Netralitas ASN dalam Pilkada serentak tahun 2015 ini.(efd)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*