Selasa, 17 September 2019

Taat Bayar Pajak, SKPD Tomohon Wajib Jadi Contoh

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Kesadaran masyarakat untuk membayar pajak tepat waktu terus disampaikan oleh Pemkot Tomohon. Kali ini kewajiban membayar pajak tepat waktu ini disampaikan langsung oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekdakot Tomohon DR Arnold Poli kepada manadoterkini.con Selasa (22/9).

Dia mengatakan, SKPD wajib memberikan contoh kepada masyarakat dalam membayar pajak. “Bagaimana masyarakat mau membayar pajak kalau ada SKPD di Pemkot Tomohon yang tidak taat membayar pajak. Jadi SKPD wajib memberikan contoh,” ujarnya.

Begitu juga untuk mensukseskan dan mengoptimalkan penerimaan Pajak Kendraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Pajak Air Permukaan dan Pajak Alat Berat/Besar serta peningkatan pemberian bagi hasil pajak Provinsi ke Kabupaten/Kota sangat diperlukan kerjasama dari seluruh unsur terkait termasuk jajaran Pemerintah, instansi kantor yang ada, sebagai kewajiban warga negara yang baik untuk mensukseskan program ini.

Poli juga mengharapkan kepada seluruh komponen terkait baik kepala-kepala SKPD dan pejabat lainnya untuk melakukan pengecekan dan memerintahkan pegawai yang memiliki kendaraan bermotor untuk menunaikan kewajiban Lunas Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, dan mutasi Kendaraaan Bermotor.

“Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah dan peraturan daerah Provinsi Sulawesi Utara Nomor 7 Tahun 2011 tentang pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pajak mempunyai prinsip mengikat, memaksa dan keadilan yang wajib di taati dilaksanakan oleh segenap masyarakat wajib pajak,” jelasnya.

Diharapkan wajib pajak memanfaatkan pemberian waktu keringanan pajak kendaraan bermotor dan denda tahun 2015 sesuai dengan surat keputusan Gubernur Sulut Nomor 17 Tahun 2015, menjadi contoh dan teladan pelopor sadar pajak bagi anak cucu. (efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*