Senin, 16 September 2019

Dinkes Minahasa Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Pengidap HIV/AIDS

TONDANO, (manadoterkini.com) – Pemkab Minahasa melalui Dinas Kesehatan, Rabu (23/9) siang tadi mengelar sosialisasi layanan komprehensif HIV/AIDS di aula kantor Dinas Kesehatan Minahasa. Selaku nara sumber atau pembawa materi pada kegiatan sosialisasi ini yakni dr Artur Tooy dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Juliana AD Kaunang, Mkes, mengatakan, inti dari pelaksananaan sosialisasi layanan komprehensif HIV/AIDS yakni sesuai program kerja dinas kesehatan pusat untuk membentuk layanan kesehatan berkesinambungan LKB yang menekankan konseling sampai level bawah akan bahaya HIV/AIDS. “Ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan, apalagi ini membicarakan pencegahan dini terkait penyakit HIV/AIDS,” ujarnya.

Selain dapat berkoordinasi dengan kader kesehatan, lewat teknik konseling kepada masyarakat kita dapat mendeteksi dini orang yang mengidap HIV/AIDS dengan merahasiakan identitas mereka, lewat penemuan kasus lebih dini tentunya akan menurunkan resiko bertambahnya korban Aids.

Sesuai data Dinas kesehatan provinsi pengidap HIV AIDS dan penularan di kabupaten minahasa dan tomohon per juni berjumlah sekitar dua ratusan kasus terbagi 46 kasus HIV, 155 kasus AIDS. Ungkap Vonny woley. “Pentingnya dibentuk Layanan Komprenhensif Berkesimambungan ini sebagai wujud tanggung jawab bersama pemerintah dalam mengurangi angka penderita HIV/AIDS di Minahasa,” jelasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala – Kepala Puskesmas se – Minahasa, pegawai Dinkes dan instansi terkait.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*