Selasa, 17 September 2019

Akibat Terbakar, Gunung Lokon Kini Terlihat Gundul

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Akibat kebakaran hutan yang terjadi di lereng Gunung Lokon belum lama ini, kini gunung berapi tersebut kelihatan gundul. Tampilan Gunung Lokon kini kelihatan sudah tidak hijau lagi. Hal ini terlihat dari bawah kaki Lokon, lereng Lokon sudah terlihat berwarna gelap, mengarah dari bawah hingga ke puncak gunung berapi.

Dari informasi yang diberikan Kadis Kehutanan Kota Tomohon Ir Fereeydi Kaligis, pihaknya memperkirakan sekitar 100 hektar lahan yang sudah terbakar. “Wilayah yang sudah terkena dampak kebakaran yakni lereng gunung lokon di Kelurahan Kakaskasen, Kayawu, Walian sampai Tara Tara. Perkiraannya sudah 100 haktare lebih,” ujarnya.

Untuk meminimalizir penyebaran api, lanjut Dia, sudah membuat parit untuk membatasi api menjalar ke pemukiman penduduk.” Kalau api yang menjalar ke arah puncak tak bisa dijangkau dengan mobil pemadam kebakaran. Safety untuk petugas pun tak bisa dijamin. Jadi kita semua berharap dengan kekuatan alam sendiri bisa memadamkan kecepatan api,” ujar Kaligis.

Terpisah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menegaskan Pemkot Tomohon akan segera melakukan reboisasi (penghijauan) di Gunung Lokon. “Pemkot segera mendata berapa besar lahan yang terbakar untuk secepatnya akan dilakukan reboisasi. Kerena jika hutan Lokon gundul akan mempengaruhi keseimbangan alam,” ujar Walikota.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulut, DR Sonny Sumarsono saat melakukan kunjungan pada Kamis (24/9) lalu menuturkan, Pemprov Sulut akan mendata jumlah lahan yang terbakar keseluruhan di Sulut, termasuk Lokon untuk selanjutnya akan diberi bantuan untuk direvitalisasi kembali. “Kita akan melakukan rapat koordinasi dengan semua kabupaten/kota untuk meminimalizir kebakatan hutan ini agar penangananya tepat,” tandasnya.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*