Jum'at, 13 Desember 2019

PKK Tomohon Gelar Edukasi Perbankan

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Pemerintah Kota Tomohon bekerjasama dengan pihak Bank SulutGo pada pekan kemarin bertempat di aula Homestay Walian menggelar kegiatan edukasi atau pendidikan perbankan bagi ibu-ibu PKK.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengatakan untuk mewujudkan kemampuan dan kemandirian daerah, serta untuk memperkuat struktur ekonomi daerah merupakan bagian dari peran para ibu-ibu PKK. “Dengan adanya pembelajaran tentang dunia perbankan akan menambah pengetahuan para ibu-ibu untuk lebih memantapkan dan memperkuat struktur ekonomi daerah, di dalamnya ekonomi keluarga.” Salah satu hal yang penting untuk diketahui oleh para ibu PKK adalah edukasi literasi keuangan, hal ini mengacu pada UU Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan lembaga independen berkaitan dengan perbankan,” ujar Eman.

OJK menurutnya, bertanggungjawab atas edukasi literasi keuangan kepada seluruh masyarakat Indonesia, dan melalui pemerintah Kota, mulai tahun ini yang menjadi target edukasi atau pembelajaran tentang perbankan adalah ibu-ibu rumah tangga dan UMKM. “Hal tersebut dilakukan agar para ibu-ibu rumah tangga mengerti dan memahami tugas dan fungsi OJK, serta dapat memahami tentang dunia jasa keuangan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKBMD) Tomohon DR Juliana Dolfin Karwur M Kes MSi, selaku unsur panitia mengatakan, pendidikan perbankan untuk ibu PKK sangatlah penting, karena ibu-ibu juga adalah pengatur ekonomi dalam keluarga. “Manfaat dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberi dampak bagi perkembangan ekonomi keluarga sekaligus juga dapat memahami secara benar tentang perbankan yang legal, sehingga dapat menghindari manipulasi jasa perbankan yang tidak jelas seperti yang marak terjadi di berbagai tempat,” ungkapnya.

Diketahui, peserta dalam kegiatan ini para perangkat dan anggota PKK di setiap keluarahan se-Kota Tomohon. Sedangkan narasumber, Sekot Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP serta Assisten pemerintahan dan Kesra Dra Truusje Kaunang, yang juga selaku pelaksana Ketua PKK Kota Tomohon. Hadir juga sebagai narasumber wakil Bank SulutGo Cabang Tomohon, Rina Sigar bersama jajarannya.(efd)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*