Kamis, 19 September 2019

Walikota Minta Warga Bitung Waspada Kemarau Panjang dan Pemanasan Global

BITUNG, (manadoterkini.com) – Walikota Bitung Hanny Sondakh menegaskan kepada seluruh Kepala SKPD terkait bersama perangkat Kecamatan untuk bertindak melakukan sosialisasi mengantisipasi terhadap bencana yang diakibatkan oleh kemarau yang berkepanjangan.

“Hal ini penting, sebab Persoalan pemanasan global menjadi perhatian masyarakat kita terutama para pemerhati lingkungan hidup. maka dari itu, perlu secara kontinyu mensosialisasikan gejala-gejala alam akibat pemanasan global dan tindakan apa yang harus dilakukan masyarakat sebagai langkah antisipasi,” jelas Sondkah.

Tentunya masyarakat Kota Bitung perlu diberikan bekal mengenai teknis mengatasi atau menantisipasi bahaya saat musim kemarau. Tindakan antisipasi dini berpengaruh terhadap aktivitas yang bijak oleh masyarakat dan sekaligus memberi makna penting agar masyarakat ikut serta berpartisipasi aktif menjaga dan melestarikan sumberdaya alam dan lingkungan hidup disekitarnya.

“Selain terjadi kebakaran, kemarau juga berdampak pada menipisnya persediaan air, mempengaruhi kebutuhan air untuk area perkebunan bagi petani, menyulitkan persediaaan kebutuhan air minum dan sumber mata air bagi penduduk dan dapat menimbulkan terjadinya wabah penyakit yang menyerang alat pernafasan penduduk serta dampak negatif lainnya,” tandasnya.

Musim kemarau merupakan fenomena alam yang harus dihadapi secara bijak, karena bisa timbul peristiwa kebakaran hutan seperti yang terjadi di wilayah cagar alam Batuh Putih Kota Bitung yang menghaguskan lahan sekitar 700 hektar, dan juga masalah lain akibat kemarau panjang dan pemanasan global.(re/chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*