Selasa, 10 Desember 2019

Bangun Kemandirian Masyarakat, Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi P2KP

TOMOHON, (manadoterkini.com) – Guna membangun kemandirian kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kota Tomohon, diadakan sosialisasi program peningkatan kualitas permukiman (P2KP).

Ronny Lumowa mengatakan, selain transportasi, ada tiga hal penting dalam penataan permukiman yaitu akses air minum, sanitasi yang layak, dan lingkungan yang bebas dari pemukiman kumuh. “Pemukiman yang layak huni, nyaman dan sehat bagi warga harus memiliki syarat. Itulah sebabnya penting bagi kita supaya segera bergerak menata ruang hidup Kota Tomohon, melaui program peningkatan kualitas permukiman P2KP,”kata Lumowa menguti sambutan Walikota Jimmy Eman sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Sebagai pegangan untuk mewujudkan lingkungan permukiman diperkotaan yang layak huni dan berkelanjutan, Program inilah yang mendorong kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi permasalahan kawasan permukiman kumuh. “Melalui perubahan sikap dan perilaku masyarakat supaya hidup bersih dan sehat, dilanjutkan penyerahan simbolis dana kemitraan kepada perwakilan BKM/LKM,” ujarnya.

Sementara itu, Ir Enos Pontororing MSi selaku unsur panitia mengatakan P2KP bertujuan membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam menanggulangi permasalahan kawasan pemukiman kumuh. “Untuk melakukan perubahan dalam masyarakat dan pemerintah menuju tatanan keberdayaan, kemandirian dan keberlanjutan proses pembangunan terutama pengelolaan kawasan kumuh,” tandasnya.

Diketahui acara yang dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 28 hingga 29 September hari ini. Hadir sebagai peserta dari unsur SKPD, DPRD, para camat dan lurah, perguruan tinggi, BUMN, swasta, komunitas belajar, konsultan, forum BKM/LKM, dan unsur LSM. Sebagai narasumber dari tim leader KMW OSP 8 Provinsi Sulut Nouri Wurangian, Kepala Bapeda Kota Tomohon, Inspektur Kota Ir Djoike Karouw, MSi, Koordinator P2KP Kota Tomohon Adri Wongkar.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*