Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Apel Akbar BMI dan Parade Budaya Nusantara Dihadiri Penjabat Gubernur

×

Apel Akbar BMI dan Parade Budaya Nusantara Dihadiri Penjabat Gubernur

Sebarkan artikel ini

BMISULUT, (manadoterkini.com) – Apel Akbar “Wangko” Brigade Manguni Indonesia (BMI) se Indonesia sekaligus Pagelaran Parade Budaya Nusantara, Selasa (29/9) dihadiri Penjabat Gubernur Sulut,Dr Soni Sumarsono beserta Ny Tri Rahayu Sumarsono.

Sebagai salah satu Ormas terbesar yang berorientasi pada budaya dan Adat Keminahasaan, tumpah ruah di Lapangan KONI-Sario Manado.

Pj Gubernur Sulut, dihadapan para Pimpinan dan Anggota serta para Tonaas Wangko Umbanua BMI se- Indonesia, secara lugas dan fasih, diawal arahan dengan mengumandangkan Yel-yel salam Kebesaran Ormas tersebut, “I Yayat U Santi”, dalam menggelorakan suasana yang disambut aplaus dan antusias.

Lebih jauh Sumarsono menyambut gembira dan penuh rasa bangga akan prakarsa kegiatan ini, sebagai bagian dari kekayaaan budaya Nusantara, utamanya, Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulut yang menjadi Etalase Bangsa dan cermin Kebhinekaan serta salah satu tempat yang menonjolkan Kedinamisan Budaya yang kaya akan kearifan lokal. “Karna potensi keindahan alam berpadu dengan kehidupan masyarakatnya yang pluralis namun terbuka, demokratis dan egaliter, sehingga makna Historis Cultural akan ivent ini memperkokoh komitmen rasa persatuan dan kekeluargaan antar sesama dalam kemajemukan,” ujar Dirjen Otda tersebut.

Diakhir sambutan Pj Gubernur, mengharapkan agar eksistensi Organisasi BMI, dapat menjadi pelopor terciptanya kehidupan politik yang santun, elegan, etis dan demokratis, terlebih daerah ini akan melaksanakan Pilkada Serentak tahun 2015, agar berlangsung sukses, aman dan dinamis.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Tonaas (DPT) BMI, Tonaas Wangko Dicky J Maengkom, dalam paparannya, menyatakan keikutsertaan perwakilan Suku dalam Parade Budaya Nusantara, diantaranya Suku Dayak,Bali, Papua, Banten, Ternate, Gorontalo dan suku2 lainnya, juga pada kesempatan tersebut tegas, Maengkom, Apel Adat ini, guna menunjukan jati diri serta identitas budaya Minahasa teraktualisasi dengan menonjolkan Ornamen khas, yang mengambarkan keaneka ragaman berupa replika patung Cakele, Maskot Burung Manguni,dstnya, sekaligus menantang kepada Legislative, agar dapat menerbitkan Perda menyangkut Budaya dan Adat lokal, khususnya Sulut.

Acara ini turut di hadiri Perwakilan Forkompimda Sulut, Ketua Deprov Sulut Drs Steven Kandouw dan Pejabat teras lainnya. Serta diselingi Atraksi Budaya Maengket, Tari Dinamis dr Tanah Papua dan dr Perwakilan Pulau Dewata Bali.(tim)