Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususManado

Tatap Muka Penjabat Gubernur Sulut dengan Jajaran Pemkot Manado

×

Tatap Muka Penjabat Gubernur Sulut dengan Jajaran Pemkot Manado

Sebarkan artikel ini

Kagum Kepemimpinan GSVL, Penjabat Gubernur Puji Pertumbuhan Ekonomi Manado

PENJABAT Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono mengaku kagum dan mengapresiasi Pemkot Manado dibawa kepemimpinan Wali Kota, DR Ir GS Vicky Lumentut. Pernyataan itu dikatakannya saat silaturahmi bersama jajaran Pemkot Manado, Jumat (25/09) di ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado.

Penjabat Gubernur

Dalam sambutannya pada pertemuan bersama jajaran Pemkot Manado yang juga dihadiri para camat dan lurah, penjabat gubernur mengaku sebelum pertemuan tersebut dirinya sempat mengunjungi pasar Bersehati Manado.

“Disana saya lihat wajah-wajah penuh gairah hidup dengan semangat. Itu artinya bahwa, pertumbuhan ekonomi di Kota Manado berjalan baik,”terangnya dalam acara silaturahmi yang juga dihadiri Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, dan Wakil Walikota Manado dan Sekertaris Kota Manado serta Ketua Dewan Manado.

gub 7

Dikatakannya sesuai data yang ada, pertumbuhan ekonomi di kota Manado cukup terjaga yakni pada angka 8,57 persen. Sementara angka harapan hidup 71,77 persen, dengan inflasi 9,67 persen. Jumlah prosentasi kemiskinan 4,43 persen.

Putra Jawa Timur yang sebelum ditugaskan Presiden RI Jokowi menjadi Penjabat Gubernur Sulut banyak berkecimpung di di Dirjen Otda itu berharap semua program pembangunan yang dijalankan bisa terus terealisasi dengan baik demi kesejahteraan masyarakat Manado.

GSVL

”Dalam kesempatan ini juga, saya meminta dukungan kepada dirinya selama memimpin Sulut dalam beberapa bulan kedepan, dengan tentunya bersama mensukseskan pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang,”ingat Sumarsono yang sebelumnya dijamu GSVL sarapan Tinutuan diruang kerja Walikota.(***)

Akrab Nikmati Tinutuan, Sumarsono: Saya Kagum Cara Pemkot Atasi Masalah Banjir Bandang

PENJABAT Gubernur Sulut juga menyatakan kekagumannya terhadap cara Pemerintah Kota Manado mengatasi masalah banjir bandang lalu.”Telah banyak yang saya lihat dan saya tidak habis pikir, bagaimana kota yang jauh dari pusat ini begitu banyak kemajuan. Apalagi pernah terkena musibah banjir bandang yang memporak-porandakan kota, kemudian rapi dan pulih kembali dalam waktu yang cepat, seperti tidak pernah kena musibah,”ungkap Sumarsono dengan nada kagum.

Sumarsono

GSVL, sapaan Wali Kota secara singkat melaporkan berbagai kemajuan dan kendala yang dihadapi Kota Manado. “Yang pasti, Pemkot Manado akan mendukung sepenuhnya semua program dan tugas yang diberikan pemerintah pusat pada penjabat gubernur Sulut Dr Soni Sumarsono,”tegas GSVL.

Penjabt Gubernur Sulut

GSVL sendiri usai acara tersebut menjamu makan Sumarsono di ruang kerjanya bersama Ketua DPRD Manado, Noortje Van Bone, Sekkot Heafrey Sendoh serta pejabat Pemkot Manado lainnya. Sumarsono terlihat sangat menikmati menu jamuan makanan yang disediakan, yakni makanan khas Bubur Manado atau tinutuan. Suasana begitu kental dengan keakraban.(***)

Ini Indikator Manado Maju Dipimpin GSVL yang Diakui Sumarsono

PENJABAT Gubernur Sulut, Soni Sumarsono mengakui kemajuan Kota Manado 5 tahun dibawah kepemimpinan GS Vicky Lumentut sebagai Wali Kota bukan tidak memiliki bukti. Saat kunjungan kerja dan tatap muka dengan pejabat Pemkot Manado, Jumat (25/9), birokrat pusat yang banyak berkecimpung di Dirjen Otda menggaris bawahi Indeks Pembangunan Manusia sebagai salah satu indikator kemajuan daerah.

GUb

Untuk Kota Manado sendiri, angka IPM tercatat yang paling tinggi di Sulawesi Utara selang tahun 2010-2014. Meskipun pengukuran pada tahun 2014 sudah menggunakan metode baru dengan tidak memperhitungkan angka melek huruf lagi, dan diganti dengan Harapan Lama Sekolah dan Rata-rata lama sekolah, Kota Manado berhasil mencatakan angka IPM 77,27.(***)

GSVL: Pemkot Sepenuhnya Mendukung Tugas Penjabat Gubernur Sulut

SEPERTI dijelaskan Kabag Humas Pemkot Manado Franky Mocodompis, sesuai data BPS Kota Manado, mencatat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Manado selama kurun waktu tahun 2010-2013 mengalami peningkatan setiap tahun.

Sumarsono

Secara akumulasi, terjadi peningkatan sebesar 1,32 %, yaitu dari sebesar 77,28 % pada tahun 2010 menjadi sebesar 79,34 % pada tahun 2013. Capaian ini menunjukkan bahwa kesejahteraan penduduk Kota Manado telah mengalami peningkatan. Dibandingkan dengan kabupaten kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

GSVL

Indeks Pembangunan Manusia Kota Manado berada pada peringkat tertinggi. Bahkan dibandingkan dengan IPM Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado memiliki angka IPM yang lebih tinggi. “IPM Sulut sesuai metode baru dengan memperhatikan Harapan Lama Sekolah dan rata-rata lama sekolah, tertinggi di Sulut, yakni 77,27 persen,” tambah Kepala Bapeda Berta Assa. (aldi/lipsus)