Sabtu, 20 Juli 2019

Wow, 30 Warga Sulut Belum Masuk Dalam DPT Pilkada Sulut

Zulkifli GolonggomSULUT, (manadoterkini.com) – Sebanyak 30 wajib pilih di Sulawesi Utara belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Sulut. Hal ini terungkap dalam pleno DPT Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 9 desember 2015, Minggu (4/10) di Hotel Sahid Kawanua Teling Manado.

Ke 30 warga tersebut yakni berada di Tikela perbatasan Kota Manado dan Kabupaten Minahasa. Menurut KPU Kota Manado bahwa Pemilih di Tikela telah dipindahkan oleh Dinas Catatan Sipil Kota Manado ke Kabupaten Minahasa dan secara otomatis telah terdaftar hak pilihnya di Minahasa. “Sudah dialihkan oleh Pemkot Manado,” ujar Ketua KPU Manado Eugenius Paransi.

Tapi saat ditanya perwakilan Tim Pemenangan kepada KPU Minahasa terkait hak pilih warga Tikela, mereka mengatakan bahwa sebagian daftar pemilih telah masuk ke DPT dan sisanya belum. “Kami masukkan ke DPT sebanyak 143 pemilih, dan sisanya akan dimasukkan dalam DPTB1,” ujar salah satu Personel KPU Minahasa.

Sementara itu Pimpinan Bawaslu Sulut Johnny Suak menegaskan kepada KPU Sulut untuk menindaklanjuti temuan terbaru Bawaslu Sulut, jangan sampai masalah ini akan terbawah sampai ke Mahkamah Konstitusi. “30 wajib pilih ini harus segera ditindaklanjuti, jangan sampai KPU disebut melanggar HAM dengan memasung hak pilih mereka, karena mereka telah melapor ke Bawaslu Sulut,” ujar Suak.

Sementara itu Komisioner KPU Sulut membidangi Divisi Data Zulkifli Golonggom mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti temuan Bawaslu ini. “Akan kami perhatikan, terlebih KPU Kabupaten Minahasa, sehingga mereka akan masuk dalam DPTB1 dan DPTB2,” ujar Golonggom.

Seperti diketahui, warga di Tikela menginginkan memilih di Kota Manado dengan berdalil telah mengantongi KTP Kecamatan Tikala, Kota Manado dan pada Pilcaleg 2014 lalu memilih di Kota Manado, sedangkan disisi lain warga Tikela berdomisili di Wilayah Kabupaten Minahasa, tepatnya di Kecamatan Tombulu.(chris)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*