Minggu, 8 Desember 2019

Raih Piagam WTP, Bupati Minahasa: Ini Berkat Dukungan Warga

TONDANO, (manadoterkini.com) – Keberhasilan Pemkab Minahasa yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Pemerintah tahun 2014 yang lalu, sehingga berhasil meraih Piagam Penghargaan dari Menteri Keuangan RI di Jakarta, patutlah disyukuri oleh semua jajaran Pemkab dan masyarakat Minahasa umumnya.

Hal ini karena masa pemerintahan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Wakil Bupati Ivan Sarundajang baru memasuki usia 2 (dua) tahun, saat pemeriksaan BPK RI dilakukan dan menerbitkan LHP-nya dengan memberikan opini WTP pada bulan Juni lalu.

Seperti diketahui pada tahun 2013 lalu Pemkab Minahasa meraih opini Tidak Wajar (TW) disaat Bupati JWS dan Wabup Ivansa masuk memimpin Kabupaten Minahasa pada 17 Maret 2013 lalu. Setelah setahun membenahi sistim pemerintahan dan pengelolaan keuangan Pemkab, pada tahun 2014 lalu BPK RI memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan Pemkab Minahasa waktu itu. Kini setelah 2 tahun memimpin daerah ini, dengan berbagai terobosan yang dilakukan, akhirnya Pemkab Minahasa berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP) dan meraih Piagam Penghargaan Menteri Keuangan ini.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mengatakan bahwa semua yang diraih itu karena pimpinan dan penyertaan Tuhan semata bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa. Disamping itu karena adanya komitmen semua pihak dalam lingkup Pemkab Minahasa yang berkomitmen melakukan perubahan dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan nanti kami tetap bertekad untuk mempertahankan prestasi ini, dan akan lebih berkomitmen untuk melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” ungkap JWS.

Disamping prestasi WTP itu, dalam Rakornas SIPS dan KPK minggu lalu di Jakarta, Pemkab Minahasa mendapat penilaian 100 persen Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan PBJ.

Atas kerja keras jajaran Pemkab, pimpinan SKPD serta para staf yang ada, akhirnya hanya dalam 2 tahun telah berhasil merubah penilaian itu dari 0 persen menjadi 100 persen Tingkat Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan, yang dinilai langsung dengan mengambil data serta testimoni oleh pihak SIPS dan KPK kepada para masyarakat Minahasa secara rahasia.

“Semua prestasi yang diraih ini wajib kami pertahankan dan harus ditingkatkan di tahun tahun selanjutnya. Semuanya hanyalah untuk masyarakat Kabupaten Minahasa tercinta ini,” kata Bupati JWS.

Sebagaimana telah dilansir sebelumnya, pada Rakornas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI di Gedung Dhanapala Jakarta, Bupati JWS menerima Piagam Penghargaan Atas keberhasilan meraih opini WTP di LKPD tahun 2014 oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro. (efd/chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*