Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

WTP Komitmen Walikota Manado Perangi Korupsi

×

WTP Komitmen Walikota Manado Perangi Korupsi

Sebarkan artikel ini

walikota manado dan menteri keuangan RIJAKARTA, (manadoterkini.com) – Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro berharap, dengan penghargaan berkat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, akan mewujudkan motivasi dari pemerintah dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah bersifat transparansi dan akuntabel. Karenanya Menkeu mengajak seluruh kepala daerah di Tanah Air untuk terus menata kerja di pemerintahannya dengan lebih memfokuskan perbaikan di bidang keuangan. Untuk Pemkot Manado, Menkeu salut atas kerja keras pemerintah sehingga bisa meraih WTP untuk pertama kalinya, kendati Manado dilanda banjir bandang Januari 2014.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yang membuka langsung Rapat Kerja Nasional Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2015 di Jakarta, Jumat (2/10) pekan lalu, menegaskan, Gubernur, Walikota, dan Bupati yang sukses menjadikan daerahnya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pengelolaan keuangan daerah patut diberikan apresiasi khusus. “Mendapatkan opini WTP dari BPK bukan pekerjaan mudah,” ujar Darmin saat memberikan sambutan.

Dikatakannya, butuh komitmen dan keseriusan kepala daerah beserta jajarannya untuk mempelopori pemberantasan korupsi dan penyelewengan anggaran. “Kita harus apresiasi lebih kepada kepala daerah yang daerahnya mendapatkan opini WTP dari BPK. Tentu itu adalah bukti nyata kepala daerahnya berperang melawan korupsi dan itu bukan hal mudah untuk dilakukan,” tegas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu.

Ia menuturkan, kinerja kepala daerah yang bisa menjaga aparaturnya mengelola keuangan secara transparan, merupakan salah satu revolusi mental yang layak dipertahankan. Apalagi, hanya sebagian kecil saja daerah yang bisa mendapatkan WTP, dimana Manado menjadi salah satu dari 50 kota yang menerima penghargaan.(ald)