Kamis, 18 Juli 2019

IPM Kota Tomohon Tertinggi Kedua di Sulut

TOMOHON, (manadoterkini.com)-Keberhasilan pembangunan harus dilihat dari objek pembangunan tersebut yaitu manusia. Pembangunan manusia dapat dilihat melalui indikator yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

IPM mengukur tingkat pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Bagi kalangan professional maupun khalayak umum, untuk menilai kemajuan suatu daerah dapat melihat dari berbagai segi tetapi yang paling utama di lihat yaitu satu item yakni IPM (Indeks Pembangunan Manusia).

Dari indeksnya dapat melihat sejauhmana kemajuan suatu wilayah atau daerah tersebut seperti yang diungkapkan Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono yang menilai kemajuan suatu daerah hanya melihat dari IPM-nya.

“Sebagai warga masyarakat Kota Tomohon tentu patut berbangga karena dalam Indeks Pembangunan Manusia di lima belas Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara, Kota Tomohon berada pada posisi kedua teratas sesudah Kota Manado yakni tahun 2010 indeksnya 78,02 %, Tahun 2011 indeksnya 78,55 % Tahun 2012 indeksnya 78,92 %, Tahun 2013 indeksnya 79,34 %,”ujar Sumarsono.

IPM Kota Tomohon selang tahun 2010 indeksnya 76,39 % Tahun 2011 indeksnya 76,67 %, Tahun 2012 indeksnya 77,40 % Tahun 2013 % mencapai 77,62 %. Unsur yang mendukung peningkatan IPM adalah peningkatan Angka Harapan Hidup (AHH), Rata-rata lama sekolah, dan Pengeluaran perkapita.

Jadi yang menjadi acuan dalam menilai kemajuan suatu daerah adalah Indeks Pembangunan Manusia yang menjadi acuan seberapa maju dan berkembangnya suatu daerah termasuk Kota Tomohon yang baru membilang usia dua belas tahun.(efd)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*