Rabu, 23 Oktober 2019

Krisis Listrik di RSUD Amurang Segera Diatasi Pemkab Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Akhirnya keluhan dari sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terkait sering aliran listrik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang sudah terjawab. Pasalnya pada pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2015, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel mulai mengatasi kebutuhan listrik di RSUD Amurang.

Menurut Dirut RSUD Amurang dr Edwin Schouten, tenaga medis sering takut mengambil resiko untuk melakukan tindakan operasi waktu lalu, dikarenakan listrik sering padam. “Namun untuk saat ini, generator milik rumah sakit yang rusak dan tidak dapat dipergunakan selama beberapa tahun sudah bisa difungsikan. Meski hanya operasi kecil, tetapi manfaat adanya generator tersebut sangat membantu tim medis dalam melayani pasien terutama tindakan operasi,” ujar Schouten.

Lebih lanjut, Schouten mengatakan, dalam waktu dekat RSUD Amurang akan mengoperasikan insenerator atau alat penghancur bahan berbahaya dan beracun dari bahan medis bekas. “Alat tersebut sangat ramah lingkungan, dan sampah rumah sakit dari bahan medis langsung bisa dimusnakan,” ujarnya lagi.

Sementara Personil DPRD Minsel Harianto Suratinoyo mengungkapkan, RSUD Amurang sebagai Rumah Sakit Daerah perlu ditunjang dengan fasilitas medis oleh pemerintah kabupaten melalui instansi terkait. “Bukan hanya soal generator, tetapi tenaga medis dan obat-obatan harus pula diperhatikan, agar masyarakat yang berobat di rumah sakit tersebut merasa puas dan tidak perlu lagi mencari rumah sakit yang lain di luar daerah,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*