Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Jabatan Berakhir 8 Desember 2015, Jubir Walikota Manado : GSVL Hanya Cuti Kampanye

×

Jabatan Berakhir 8 Desember 2015, Jubir Walikota Manado : GSVL Hanya Cuti Kampanye

Sebarkan artikel ini
Walikota di Jarod
GS Vicky Lumentut saat ditanya warga soal dana bantuan bencana 213 miliar di jalan Roda

MANADO, (manadoterkini.com) – Sampai saat ini posisi GS Vicky Lumentut masih menjabat Walikota Manado. Sebagaimana tertera dalam Surat Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 131.7/205/2010 tanggal 8 Desember tahun 2010, jabatan Walikota GSVL nanti akan berakhir pada 8 Desember 2015.

“Jadi ini perlu masyarakat luas ketahui, mengacuh surat Mendagri itu, berarti sampai detik ini pak GS Vicky Lumentut masih menjabat wali kota Manado periode 2010-2015,” tegas Kabag Humas dan Protokol Pemkot Manado, Franky Mocodompis.

Dijalaskan Kabag Humas tersebut, Walikota GSVL merupakan pemimpin yang taat aturan. Makanya, kalau ada isu yang menuturkan GSVL mendompleng kapasitasnya sebagai Walikota untuk mengangkat elektabilitas tidaklah benar.

Begitu juga dengan sosialisasi tentang dana bantuan bencana itu kapasitas GSVL sebagai Walikota bukan kandidat calon yang berkampanye. Untuk itu, terkait sosialisasi GSVL berupa kegiatan pemerintahan, kemasyarakatan dan pembangunan Kota Manado, termasuk melakukan sosialisasi pemanfaatan Rp213 bantuan dana hibah bencana dari pemerintah pusat di luar jadual kampanye, merupakan aktivitasnya sebagai Walikota Manado.

“Jadi sosialisasi tersebut, dalam kapasitas Walikota dan diluar jadwal kampanye. Apalagi masa jabatan Walikota nanti akan berakhir 8 Desember mendatang. Dan sesuai aturan, Pak GSVL hanya izin cuti kampanye saat jadual kampanye,”jelasnya.

Diakuinya masa jabatan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Harley AB Mangindaan terbilang unik. “Mungkin ini satu-satunya kepala daerah yang unik dibanding kepala daerah lainnya di Indonesia yang menggelar Pilkada serentak. Karena sehari setelah masa jabatan berakhir, dilakukan pemngutan suara, yakni 9 Desember. Jadi ini perlu diketahui masyarakat Manado,”tandasnya.

Untuk diketahui GSVL yang kembali maju bertarung di Pilwako Manado berpasangan dengan Mor Dominus Bastian.(ald)