Jum'at, 19 Juli 2019

Bawaslu Sulut Gelar Rakor Dengan Semua Peserta Pilkada

SULUT, (manadoterkini.com) – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara melakukan rapat koordinasi dalam peran pengawasan penyelenggaran pilkada 2015, Senin (12/10) kemarin di GKIC Manado.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan selama 3 hari yakni Senin-rabu 12-14 Oktober. Hadir sejumlah lembaga terkait selaku narasumber diantaranya dari Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Komolo, Bawaslu RI, Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK), Makamah Konstitusi, Pj Gubernur Sulut, DR Sonny Sumarsono, Kapolda Sulut, tokoh masyarakat, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Pemimpin Media serta mahasiswa.

Menurut Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda mengatakan pelaksanaan rapat koordinasi stekeholder dalam rangka pendidikan partisipasi pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se Provinsi Sulawesi Utara 2015.

“Sesuai Undang-undang no 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu secara tegas memberikan amanah, Bahwa Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) bertugas mengawasi untuk penyelenggaraan pemilu dalam rangka pencegahan dan penindakan pelanggaran mewujudkan pemilu yang demokratis serta penyelenggaraan Pilkada yang bersih, berintegritasi dan damai,”katanya.

Malonda menambahkan, rapat koodinasi ini akan membahas diantaranya, peran Bawaslu dalam mengawasi pilkada seretak 2015, komitmen visi misi mewujudkan pilkada Sulut yang berbudaya, bermartabat,aman dan damai serta siap menerima hasil. “Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh semua peserta untuk,” ujar Malonda. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*