Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanEkonomi dan BisnisManado

GSVL Tindaklanjuti Sister City Dengan Provinsi Qingdao China

×

GSVL Tindaklanjuti Sister City Dengan Provinsi Qingdao China

Sebarkan artikel ini

GSVLMANADO, (manadoterkini.com) – Dalam waktu dekat Pemkot Manado akan menindaklanjuti kerjasama sister city dengan Provinsi Qingdao China. Kerjasama sister city yang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado itu tentunya menguntungkan kedua belah pihak serta mensejahterakan warga Kota Manado. “Ide briliant Pemkot Manado melalui Walikota GS Vicky Lumentut tersebut untuk kemajuan ibukota Provinsi Sulawesi,”ujar Kepala Bappeda Bart Assa, Rabu (14/10).

Nantinya, kata Assa rombongan Provinsi Qingdao (baca: Chintao) sebanyak 17 orang ini akan menghadiri rencana Penandatanganan Kesepakatan yang akan dilaksanakan pada 30 Oktober 2015, adalah hasil tindak lanjut penandatangaan  Letter of Intent (LoI) yang lalu antara kepala Bappeda dan Pejabat Kerjasama LN kota Qingdao tahun lalu. “Walikota Manado akan melakukan penandatangan tersebut bersama Pemerintah Provinsi Dewan Kota Qingdao China,”ungkapnya.

sister cityDikatakan, persetujuan antara Kota Qingdao dari Republik Rakyat Cina dan Kota Manado Republik Indonesia sister city sesuai dengan prinsip-prinsip Joint Komunike Pembentukan Hubungan Diplomatik antara Republik Rakyat Cina dan Republik Indonesia untuk tujuan lebih meningkatkan dan mengembangkan persahabatan dan kerjasama antara masyarakat Cina dan Indonesia, dan melalui konsultasi yang ramah, telah sepakat untuk membangun hubungan koperasi ramah.

Kedua belah pihak sepakat untuk membuat upaya bersama, atas dasar kesetaraan dan saling menguntungkan, untuk mempromosikan orang-ke-orang kontak ramah dan ekonomi dan perdagangan interflow antara kedua kota, dan secara aktif melakukan pertukaran dan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, laut, budaya, olahraga, kesehatan, pendidikan dan lain lain. “Kesepakatan ini, akan dibuat dalam rangkap dua dalam bahasa-bahasa Cina dan Inggris,”terang Assa.

Qingdao atau sebelumnya Tsingtao, adalah sebuah kota di timur Provinsi Shandong di pantai timur dari Cina. Qingdao adalah Kota utama pelabuhan, pangkalan angkatan laut, dan pusat industry dan memiliki jembatan laut terpanjang di dunia.(ald)