Minggu, 8 Desember 2019

Gelar Diskusi, Warga Diajak Sukseskan Pilwako Manado

Diskusi PolitikMANADO, (manadoterkini.com) – Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang, menjadi perhatian publik. Bukan hanya penyelenggara tapi institusi pemerintah lainnya. Guna meningkatkan partisipasi pemilih, Badan Kesbang Pol dan Linmas Kota Manado, Kamis (15/10) menggelar diskusi di Aula SMKN 3 Manado.

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut yang diwakili oleh Asisten 1 Setdakot Joshua Pangkerego mengapresiasi kegiatan ini guna menyukseskan Pilkada serentak di Kota Manado. “Pak wali sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menjadi titipan diharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk Netral dalam Pilwako nanti,” tegas Pangkerego.

Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulawesi Utara Dr Ferry Liando mengatakan rakyat harus diberikan pengertian bagaimana menjadi pemilih cerdas, hal ini penting untuk menentukan nasib 5 tahun kedepan di Kota Manado.

“Pemimpin baik itu ditentukan oleh Pemilih. Kalau pemilih memilih pemimpin dengan Cerdas pasti akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” ujar Liando.

Hal senada juga diungkapkan Pimpinan Panwaslu Kota Manado Stanley Kho Walandouw, menurutnya selain menjadi pemilih cerdas, masyarakat harus turut mengawasi proses dan tahapan pilkada sehingga akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Apabila ada pelanggaran, silakan laporkan ke Panwas Kota Manado, kami akan cepat melakukan penindakan apabila melanggar aturan” tandas Walandouw.

Ia juga berharap Tim Pemenangan Paslon untuk menjaga keamanan bersama tanpa ada gesekan satu sama lainnya antar pendukung.

Sementara itu KPU Kota Manado Eugenius Paransi yang turut memberikan materi, menjelaskan KPU Kota Manado telah bekerja optimal dalam menyukseskan Pilwako Manado. Ia berharap apabila ada warga Kota Manado yang belum terdaftar, silakan melaporkan diri ke PPS di Kelurahan masing-masing. “Apabila belum terdaftar silakan cek dan melapor ke PPS,” imbuhnya.

Kaban Kesbangpol dan Linmas Kota Manado Hanny Solang yang juga bertindak sebagai moderator mengajak kepada seluruh elemen warga Kota Manado untuk menyukseskan Pilkada serentak dan menjaga keamanan dan ketertiban Kota Manado. “Tentunya kita semua harus sukseskan Pilkada ini agar terpilih pemimpin yang cerdas 5 tahun kedepan dan melanjutkan program yang sudah dan sementara berjalan ini,” kunci Solang. (chris)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*