Sabtu, 14 Desember 2019

Kebakaran Lahan Masih Berlangsung, Bupati Minta Warga Minsel Tetap Waspada

AMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE, meminta warga Kabupaten Minsel agar tetap waspada terhadap kemarau panjang yang saat ini terus terjadi. Pasalnya, Kabakaran lahan masih tetap berlangsung. Contohnya, kebakaran lahan perkebunan Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Kecamatan Amurang, yang nyaris membakar SMK N 1 Amurang serta rumah warga yang ada di sekitarnya.

Terkait kebakaran di Kelurahan Bitung, Lurah Bitung Rosye Tandayu, menjelaskan sumber api yang terbentuk dari kebakaran lahan tidak diketahui. Masyarakat hanya dikejutkan saat api sudah merembet mendekati pemukiman warga dan hampir membakar SMK N 1 Amurang yang berada dekat pekuburan dan lahan warga. “Beruntung warga cepat merespons dan memadamkan apinya. Ini sudah kesekian kalinya terjadi kebakaran lahan perkebunan di Kelurahan Bitung selang musim kemarau panjang ini,” kata Tandayu.

Sementara, Kapolsek Motoling AKP Angga Putra menuturkan, kebakaran lahan terjadi di hampir semua wilayah perkebunan di Amurang Raya karena kecerobohan warga sendiri yang tidak memperhatikan atau membakar sesuatu tanpa diawasi. “Jelas itu sangat berbahaya dan harus menjadi perhatian bersama. Tentunya kami akan menyelidiki berbagai kasus kebakaran lahan, karena ada sanksi hukumnya bagi warga yang sengaja membakar sesuatu hingga dampaknya membahayakan lingkungan dan orang lain,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*