Kamis, 18 Juli 2019

Pangemanan : Pemilih Pemula Untuk Pilkada Pegang Peran Penting

AMURANG, (manadoterkini.com)-Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) DR Fanley Pangemanan S.SOS MSi meminta pemilih pemula untuk berpartisipasi aktif menyukseskan Pilgub Sulut 2015.

Alasannya, pemilih kategori ini punya peran penting dalam menentukan kualitas dan hasil pemilu. “Pastikan adik-adik semuanya terdaftar dalam DPT Pilgub 9 Desember mendatang. Sebab kesuksesan sebuah pesta demokrasi, turut ditentukan dengan tingkat partisipasi pemilih pemula,” katanya.

Dijelaskan Pangemanan, setiap pelajar yang sudah genap usia 17 tahun pada 9 Desember nanti, merupakan kategori pemilih pemula yang harus mendapatkan perhatian dari penyelenggaran pilkada. Sudah begitu, pemilih kategori ini juga menjadi incaran peserta pilkada maupun partai politik, karena jumlahnya cukup signifikan. “Makanya pemilih pemula harus mendapatkan pemahaman yang baik soal pelaksanaan pilkada,” tukasnya.

Pangemanan juga menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih merupakan hal penting yang harus digenjot penyelenggara. Karenanya, sosialisasi menyangkut pilkada harus terus dioptimalkan untuk memperoleh hasil yang diharapkan. “Pada pilpres dan pileg lalu, tingkat partisipasi pemilih di Minsel mencapai 80 persen. Makanya di pilgub Sulut dan Pilbup Minsel ini harus lebih ditingkatkan,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*