Jum'at, 19 Juli 2019

Antisipasi Kemarau Panjang, Besok Pemkot Gelar Rapat Besar

TOMOHON, (manadoterkini,com) – Ketersediaan pangan di Kota Tomohon diprediksi hanya cukup sampai Oktober mendatang. Musim kemarau telah memberikan dampak negatif pada ketersediaan pangan didaerah ini.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon, Vonny Pontoh saat diwawancarai mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan ketersediaan pangan pada tingkat pedagang. Hasil yang didapat cukup mengkhawatirkan karena persediaan pangan semakin berkurang.

“Ketersediaan bahan pangan seperti beras hanya cukup sampai Oktober. Selanjutnya kami akan melihat perkembangan terakhir dan bisa meminta bantuan Bulog untuk melakukan operasi pasar supaya masyarakat tidak kesulitan mencari bahan pangan,” ujarnya.

Pontoh mengatakan saat ini Kota Tomohon memang menggantungkan kebutuhan pangan seperti beras dari daerah lain. Menurutnya setiap tahun sekira 5.000 ton beras harus diambil dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Tomohon. Luas lahan sawah didaerah ini terbilang kecil dan tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Musim kemarau telah mengganggu produksi beras didaerah lain dan pasti akan berdampak langsung pada warga Kota Tomoho,” ujar pontoh

Sementara itu Asisten II Ekonomi Pembangunan Ronny Lumowa SSos kepada wartawan manyampaikan sesuai instruksi Walikota Selasa (19/10) besok pemerintah kota akan menggelar rapat besar tanggap darurat bertempat di aula lantai III kantor walikota melibatkan unsur FKUB, BPBD, SKPD, untuk segera menyalurkan beras kepada masyarakat yang membutuhkan. ujar Lumowa saat di konfirmasi akan hal ini.(efd)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*