Kamis, 18 Juli 2019

Kebakaran Hebat Puncak Gunung Klabat, Pemprov Keluarkan Himbawan

SULUT, (manadoterkini.com) – Gunung Klabat yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Minggu (18/10) malam terbakar. Areal yang terbakar beradah di puncak Gunung sehingga api terlihat dari arah kejauhan. Penjabat Gubernur Sulut melalui Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan mengimbau agar instansi terkait segera turun lapangan untuk memantau,dan meredah api sekaligus membantu agar tidak ada korban jatuh.

“Kebakaran yang terjadi di gunung Klabat menjadi perhatian serius Pak Gubernur. Untuk itu, agar semua stakeholder untuk ikut memantau sekaligus membantu agar tidak terjadi korban pada masyarakat,”kutip Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut DR Jemmy Kumendong, Minggu malam.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Ir Noldy Liow melalui Kabid Penanggulangan Bencana Jhon Wungow menyebutkan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) gunung Klabat di Minut, terjadi pada posisi mendekati puncak gunung, pada titik perbatasan antara Minut dan Bitung.

“Kebakaran mulai terlihat pada pukul 19.00 wita di dekat lereng desa Pinokalan. Api mengarah ke wilayah kecamatan Dimembe Minut,”terang Wungow saat di konfirmasi.

Sejumlah tim dan relawan sudah diterjunkan dan saat ini sedang mendaki menuju titik api. “Tim Pemadam kebakaran yang terdiri dari Korem 712 sebanyak 1SSK, Kodim Bitung dan Minut dibantu masyarakat sekitar sementara menuju titik api,”terang Wungow.

Dan dari Keterangan Karo Pemerintahan dan Humas Jemmy Kumendong tadi siang sudah di tamba 300 personil. Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa, termasuk berapa hektar lahan yang ikut terbakar.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*