Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Penyulu Pertanian Diminta Sukseskan Program Swasembada Pangan

×

Penyulu Pertanian Diminta Sukseskan Program Swasembada Pangan

Sebarkan artikel ini

Senduk Senduk

SULUT, (manadoterkini.com)-Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Soni Sumarsono MDM melalui Kepala Sekretariat Bakorlu Provinsi Sulut, Ir Jeffry Senduk kepada seluruh penyuluh pertanian yang ada di Sulut harus menyukseskan program upaya khusus (Upsus) swasembada pangan lewat peningkatan padi, jagung dan kedele (Pajale).

Hal tersebut disampaikan Senduk, saat membuka Rakor dukungan penyuluhan dalam rangka pengawalan dan pendampingan penyuluh di sentra lokasi upsus padi, jagung dan kedele yang digelar Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setda Provinsi Sulut di ruang rapat Ex WOC, Kamis (22/10) siang tadi.

Menurut Senduk mengatakan, penyuluh pertanian sebagai ujung tombak pelaksanaan program dilapangan, harus mengantisipasi musim kemarau yang berkepanjangan serta kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di beberapa daerah di Sulut terakhir ini. “Peran dari para penyuluh sangat penting dan strategis dalam upaya mengantipasi bencana musim kemarau yang terjadi, karena penyuluhlah yang mempunyai tugas mendampingi dan mengawal semua kegiatan dilapangan, disamping babinsa dan mahasiswa yang sengaja dilibatkan dalam rangka percepatan swasembada pangan di tanah air,” jelasnya.

Sementara itu, Karo SDA Pemprov Sulut Dr Fransiscus Manumpil menyebutkan, Rakor digelar ini bertujuan untuk membangun koordinasi dan komunikasi dengan stakeholders terkait dalam rangka pelaksanaan upsus tiga komoditi ini, menginformasikan kebijakan pemda dalam rangka pengawalan dan pendampingan di sentra lokasi upsus serta mengidentifikasikan permasalahan yang dihadapi.(tim)