Senin, 9 Desember 2019

KPU Bitung Gelar Debat Terbuk Calon Walikota

Debat terbuka debat terbukaBITUNG, (manadoterkini.com) – Untuk kedua kalinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung melaksanakan debat kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2015. Kali ini yang menjadi pesertanya adalah para calon Walikota, setelah pada tahap pertama diikuti oleh calon Wakil Walikota.

Menariknya, debat terbuka kali ini diikuti tujuh pasang calon, karena pada debat putaran pertama hanya diikuti 6 calon, mengingat yang lalu paslon nomor urut tuju belum dinyatakan memenuhi syarakat oleh KPU Kota Bitung.

Sedangkan tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah memajukan daerah dan menyelesaikan persoalan daerah. Debat terbuka tersebut dibagi dalam lima sesion. Pertama peserta menyampaikan Visi dan Misi. Kedua, peserta masing-masing mendapatkan satu pertanyaan yang sudah disiapkan oleh para Panelis dengan cara mencabut undian pertanyaan tersebut. Selanjutnya untuk sesion tiga dan empat saling melemparkan pertanyaan kepada sesama peserta dengan pengaturan yang sudah diatur dan disesuaikan dengan waktu yang ada. Sementara untuk sesion lima, masing-masing calon Walikota Bitung (peserta) menyampaikan clossing statement.

Ketujuh calon walikota Bitung yang mengikuti debat terbuka ialah 1) Max J. Lomban 2) Stefanus Pasuma 3) Michael R. Jacobus 4) Hengki Honandar 5) Linna Utiarachman 6) Aryanthi Baramuli 7) Ridwan Lahiya. Sedangkan untuk Panelis Prof Dr. J.F Senduk MPD, Prof David Saerang.M.Com. Ph.D, Dr. Novi Pioh,M.si, Efendy Sondakh S.IP,M.si dan untuk Moderator Suhendro Baroma.

Turut hadir dalam debat tersebut, Anggota DPRD Bitung, Forkopimda, Panwas Kota Bitung, Pers, pendukung masing-masing paslon.(ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*