Selasa, 10 Desember 2019

Dandim 1302 Minahasa Irup Hari Sumpah Pemuda ke – 87 di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com)-Dalam rangka hari Sumpah Pemuda yang ke – 87, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) mengelar upacara bendera pada Rabu (28/10) pagi tadi di halaman kantor bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Dandim 1302 Minahasa Letkol Muh. Andhy Kusuma mewakili bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE.

Peringatan sumpah pemuda kali ini mengambil tema “Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Bumi”. Tema ini didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap dua hal, pertama, karena ada fenomena baru tentang berubahnya relasi kemasyarakatan akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi.

Kusuma saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, pesatnya teknologi informasi ibarat pisau bermata dua, satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill. Namun pada sisi lain membawa dampak negatif.

Informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya tanpa dapat dibendung dengan baik. Lahir generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, instan, lintas batas, cenderung individualistic dan pragmatik. Keprihatinan kedua yakni terkait fenomena pengolahan sumber daya alam (SDA) yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan. Sebagai negara tropis, indonesia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga menjadi cambuk bagi Pemuda yang ada di Minsel untuk tampil membangun negeri memajukan bangsa indonesia terlebih Minsel pada umumnya,” tandasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Minsel Rommy Pondaag SH MH, Kejari Amurang Umaryadi SH MH, Asisten I Drs Ben Watung MSi, Asisten III Drs James Tombokan, pimpinan-pimpinan SKPD, Ketua KNPI Minsel Tertius Ulaan ST MT dan pengurus, Ketua Pemuda Pancasila Minsel Novi Pusung, Pengurus Karang Taruna Minsel, para Camat, siswa dan siswi SMA dan SMK.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*