Rabu, 17 Juli 2019

Bappeda Manado Menerima Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Jembrana Bali

BaliMANADO, (manadoterkini.com) – Kepala Bappeda Manado, P.K.B Assa, Ph.D bersama-sama dengan Kepala BPMPK Manado, Drs. S. Tahulending, Senin (12/10/2015) menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Jembrana, Bali untuk mendapatkan informasi, referensi, dan pembelajaran terkait Pemberdayaan dan Pengelolaan Keuangan SKPD Kelurahan, dan Bantuan Program Pembangunan Berbasis Lingkungan, serta Penanganan Menara.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bappeda mengawali dengan memperkenalkan tentang program Pemerintah Kota Manado yang berbasis lingkungan yaitu PBL Mapalus. Beliau mengatakan bahwa PBL-Mapalus pertama kali digelar pada tahun 2012 berdasarkan PERWAKO No. 46 Tahun 2011. “Istilah PBL-MAPALUS pada awalnya adalah PBL-MAPALUSE yang berasal dari Minahasa dan Sangihe yang artinya Gotong Royong atau bekerja bersama-sama,” ujar Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda juga menjelaskan bahwa kegiatan PBL-MAPALUS ini berfokus untuk membangun Kota Manado langsung ke tingkat lingkungan. Menurut beliau dana yang dikucurkan oleh Pemkot Manado melalui APBD ini per-lingkungan mendapatkan dana sekitar Rp. 74.000.000 per lingkungan itu sudah termasuk gaji kepala lingkungan sebesar Rp 2.250.000 per-bulan yang ditata di DPA masing-masing kelurahan.

Pada pertemuan tersebut Kepala Bappeda juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan PBL-MAPALUS ini, Pemkot Manado telah menyediakan panduan untuk masyarakat berupa buku yang berfungsi untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan ini. “Untuk mempermudah masyarakat dalam membuat proposal anggaran dan kegiatan maka kami Bappeda telah membuat panduan dalam bentuk excel dan gambar yang siap digunakan,” ujar Kepala Bappeda Bart Assa.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*