Kamis, 12 Desember 2019

Lomba Batu Akik Piala Gubernur Sumarsono Sukses Digelar

SULUT, (manadoterkini.com) – Batu akik badar perak “Ereke” dari Buton Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) milik Reinaldo Regar (Dodok), merebut Piala Bergilir dari Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sumarsono MDM, dalam lomba dan kontes batu akik yang digelar Asosiasi Batu Akik dan Permata Sulawesi Utara (ASBAPSU), di kawasan Manado Touws Square (Mantos).

Penyerahan piala bergilir tersebut, diserahkan Ketua ASBAPSU Jemmy Ringkuangan, didampingi Penasehat ASBAPSU Benny Kalonta, atas nama Gubernur Sumarsono, Sabtu (31/10) akhir pekan kemarin.

Ringkuangan mengatakan, atas nama Pemprov Sulut dan Gubernur Sumarsono, memberi apresiasi positif atas kegiatan ini. Diharapkan, batu akik di Sulut akan semakin maju dan bisa bersaing dengan batu akik dikancah nasional maupun internasional. “Saya apresiasi semua yang terlibat, sehingga pelaksanaan pameran dan kontes batu akik berlangsung sukses,” ucap Ringkuangan.

Lanjutnya, kegiatan ini yang sekaligus mampu memberdayakan UMKM. Disisi lain, Ringkuangan yang kesehariannya sebagai Kepala Biro Umum Sulut, menyatakan, akan berupaya untuk fasilitasi berbagai persiapan sarana dan prasaranan, untuk alat kelengkapan pembuatan batu akik, sehingga batu akik akan lebih modern. “Supaya kualitas batu akik lebih baik, dan nilai ekonomis akan lebih tinggi. Saya berharap juga, kekompakan semua pihak terutama pengrajin dan pemerhati batu akik di Sulut, supaya bisa membangun industri batu akik,” katanya, sembari berpesan agar pengurus serta anggota ASBAPSU, “Kita upayakan rangkul semua pengerajin di Sulut. Fondasi kebersamaan akan sangat kuat, sehingga industri kecil batu akik akan menjadi industri besar.(alf)

Inilah para pemenang lomba:

Kategori Liontin:

Juara I: Dodo (Ereke – Sultra).

Juara II: Andre Link (Likupang).

Juara III: Oboth (Jabar).

Kategori Cincin Motif:

Juara I: Avatar Gemstone (Doko).

Juara II: Danny P (Minsel).

Juara III: Dodo (Ereke – Sultra).

Kategori Cincin Panca Warna:

Juara I: Oboth. (Klawing – Jabar).

Juara II: Hoe Kem Tian (Likupang).

Juara III: Ronal Gemstone (Likupang).

Kategori Cincin Satu Warna:

Juara I: Ronal Gemstone (Obi).

Juara II: Ilham (Obi).

Juara III: King Gamstone (Nawacita – Sangihe).

Juara Umum: Dodo.

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*