Minggu, 15 Desember 2019

Tumanduk : Cengkih Minahasa Raya Terbaik se-Indonesia

SULUT, (manadoterkini.com) – Ternyata buah cengkih yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Minahasa Raya merupakan buah cengkih yang terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan buah, cengkih asal Minahasa raya mendapatkan lisensi dari Kemenkuham, sebagai cengkih terbaik di Indonesia.

Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sulut, Ir Recky Tumanduk, mengatakan lisensi cengkih terbaik di Indonesia berada di tanah Minahasa. “Kita patut berbangga, sebab Sulut mendapatkan sertifikat yang mana cengkih dari Minahasa raya sangat luar biasa, dimana cengkih yang ada di Minahasa raya merupakan cengkih terbaik di Indonesia,” ujar Tumanduk kepada sejumlah wartawan di kantor Gubernur.

Tumanduk menjelaskan, penetapan cengkih Minahasa sebagai yang terbaik di Nusantara, tidaklah segampang yang diperkirakan.Penetapan lisensi tersebut dinilai dengan penilaian yang sangat ketat. “Sertifikat itu diakui dengan indikasi geografis, yang dikeluarkan Kemenkuham. Jadi tidak gampang lisensi ini didapat,” jelasnya.

Dengan lisensi tersebut, Tumanduk menambahkan, otomatis harga cengkih asal Minahasa bakal naik. “Pastinya mengangkat harga cengkih. Baru-baru ini saja sudah ada investor yang mau mengeluarkan uangnya sebanyak mungkin hanya untuk menanam cengkih di Sulut,” katanya.

Lanjut mantan Kadis Sosial Sulut ini menambahkan, kelebihan cengkih Minahasa, pertama warnanya tidak sama dengan yang ada di daerah lain, kedua memiliki aroma luar biasa. “Kalau di daerah lain sudah 20 kg cengkih baru tercium aromanya, sementara cengkih yang ada di Sulut, hanya 1 kg saja aromanya sudah tercium,” tambahnya, sembari menyebutkan kelebihan tanah Minahasa yang terbentuk atas proses vulkanis dari gunung berapi. “Adapun konsekuensinya mendapatkan lisensi ini, jika ada cengkih yang bukan dari Minahasa tetapi mengaku dari sini, maka itu bisa dituntut,” tukasnya.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*