Jum'at, 6 Desember 2019

Luar Biasa, Manado Kembali Masuk Nominator Adipura 2015

JAKARTA, (manadoterkini.com) – Sunggu luar biasa, upaya pelestarian lingkungan perkotaan dibawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut, membuat Kota Manado diperhitungkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Terbukti, berkat tangan dingin GSVL sapaan akrab Walikota, tahun 2015 ini Manado kembali masuk nominator peraih Pialah Adipura.

Sejak dipimpin GSVL, sapaan Lumentut, Kota Manado sudah kesekian kalinya mendapat Piala Adipura. Ini terungkap setelah GSVL diundang Dewan Pertimbangan Adipura, Rabu (4/11), untuk mempresentasikan 4 isu pokok terkait program Adipura di Kota Manado dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Arya Duta Tugu Tani Prapatan Jakarta.

GSVL

GSVL mempresentasikan di depan Dewan Pertimbangan Adipura

Tidak bisa dipungkiri, sudah 8 kali berturut-turut Kota Manado mendapatkan Adipura, 5 kali untuk kategori Kota Sedang dan 3 kali untuk ketegori Kota Besar. Bahkan pada saat mendapatkan Adipura pertama GSVL telah merintis sejak masih menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Manado, sehingga mampu mendorong passing grade dari 50,3 menjadi 70.

Undangan Dewan Pertimbangan Adipura menandakan ekspektasi stakeholder pengelola kebersihan dan lingkungan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap pelestarian lingkungan dan pengelolaan kebersihan di Kota Manado masih cukup tinggi mengingat Manado selama beberapa tahun ini langganan Piala Adipura.

Tim Penilai Presentasi selain Dewan Pertimbangan Adipura, ada Ahli Persampahan, dan Ahli Pemasaran, yang pada kelompok 1 diketuai Nabiel Makarim dengan anggota Syahrul Udjud, Chaliid Muhammad, Sri Bebassari, Hermawan Kertajaya, dan Sabrina.

GSVL

Usai presentasi dan tanya jawab GSVL mengaku bangga di penghujung masa jabatannya sebagai Wali Kota periode 2010 – 2015, berhasil mengantar Kota Manado sebagai nominator kota yang meraih Piala Adipura, karena dari tahun ke tahun kriterianya semakin ketat, apalagi 2015 ini menggunakan metode presentasi, bahkan presentasinya wajib dilakukan langsung Kepala Daerah (Bupati/Walikota) tanpa diwakilkan.

Kota Manado 1 dari 60 lebih kota yang bersaing memperoleh Piala Adipura. Sedangkan dari Sulut sendri yang terdiri dari 15 kabupaten/kota, hanya 3 daerah yang mendapat undangan, yakni Kota Manado, Bitung dan tahuna. Presentasi program Adipura ini berlangsung selama 3 hari berturut-turut, sejak 4 – 6 November 2015.(*/ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*